Review Ban Jimny/Katana

bigbanSelamat berjumpa lagi braders and sisters…

Hari ini saya punya kesempatan untuk sharing beberapa pengalaman saya , gonta ganti ban untuk jimkat saya, antara lain sebagai berikut.

1.Swallow Jeep Service.

Kenal ban ini dari internet , dari Garasi Jimny Depok , dapat harga relatif murah untuk 4 ban , setelah dapat agak kaget dengan kualitasnya yang sangat baik. tidak pelit karet dengan cakar tapaknya yang cukup tinggi, bentuk jalur airnya mirip goodyear extragrip , harus hati2 dengan tekanan ban , jangan sampai kurang atau bocor pada velg , bila dipasang pada katana standar dengan rasio gear 9:37 agak tertahan ketika gigi awal tapi ketika mulai akselerasi tidak ada masalah berarti.Mantab untuk dalam kota dan menerobos banjir karena posisi duduk driver jadi setara Pajero dan Fortuner 😀 . Velg yang saya gunakan punya lebar 7″.

SwallowJeepService

2.Gt Radial Savero Komodo.

Kenal ban ini karena penasaran dengan iklan GT Radial Komodo yang gencar pada beberapa event Speed Off Road, dan akhirnya beli 4 unit dengan ukuran 235/70 dari agen GT-Radial dekat rumah. Setelah dipasang pada velg avantek , baru ketauan bahwa posisi mobil jadi agak turun sedikit, tetapi performa dijalanan kombinasi toll, light OffRoad dan dalam kota sangat mantab , design jalur airnya  enak untuk menerobos genangan air hujan dengan kecepatan diatas 60 km/jam , mobil tidak terasa tertahan. Kompon ban-nya antara keras dan medium , harus jaga tekanan ban supaya tidak terlalu keras bantingannya , dan ban ini termasuk ringan dan enak dipakai.

IMG-20121028-06076

3.GoodYear ExtraGrip.

Dapat limpahan ban dari kawan velg standar jimny dan ban goodyear extragrip , sekilas dalam pemakaian , ban ini lebih ringan dari jeep service, mungkin karena jenis karet ban nya agak berbeda, ban ini enak buat dalam kota dan toll , tapi harus perhatikan tekanan bannya agar bantingan ban nya tidak terlalu keras.

Jeep-Service

4. GT Radial Savero AT.

Akhirnya tercapai juga keinginan mencoba ban ini dengan ukuran 235/70, termasuk tidak tinggi dinding bannya , penulis ingin agak gesit di toll tapi juga msdih bisa manuver naik keatas pembatas jalan dengan cepat, torsi cepat tersalur ke ban, kompon ban ini termasuk keras dengan harapan masa pakainya lama, sayangnya kemampuannya menerabas genangan agak buruk , tidak boleh lebih dari 40 km/jam , lebih dari itu terasa sekali mobil seperti direm mendadak, sangat bahaya ketika menyalip dari bahu jalan toll saat hujan. Highly recomen untuk pemakaian harian di jalan yang kering , sangat ampuh memotong jarak rem saat pengereman mendadak.

SaveroAT

Demikian sedikit review ban untuk Jimny/Katana yang bisa saya sampaikan , bila ada pengalaman brow dengan ban jenis lain silahkan disampaikan lewat komen dibawah , akan sangat membantu kawan kawan sekalian dalam memilih ‘sepatu’ bagi kendaraan kesayangannya. 😀

 

 

 

26 thoughts on “Review Ban Jimny/Katana

  1. 5. GT-Radial Savero MT
    Pakai ukuran 235/75.
    Musti roll per. Musti coak bemper depan.
    Kompon keras sesuai peruntukannya main lumpur.
    Dipakai untuk perjalanan aspal kering sedikit berisik dengan bobot jimny yang “ringan”.
    Dipakai dijalan aspal basah mampu melahap genangan air tanpa hambatan.
    Pengereman di jalan basah lumayan namun tidak maksimal.

    6. GT-Radial Komodo Extreme
    Pakai ukuran 31″
    Musti roll per ulang, ganti bemper depan, dan velg celong.
    Ganti TC low atau FG 8/41
    Kompon keras sesuai untuk disiksa main lumpur.
    Pembelian awal 2015 hingga sekarang masih “berambut” dengan kondisi setiap 2 bulan sekali main lumpur.
    Sangat berisik ketika dipakai di aspal.
    Pengereman minimal-cenderung slip-ketika dipakai dijalan aspal yang basah.
    Tidak direkomendasikan pemakaian daily driven kecepatan tinggi…

    Sekian semoga bisa membantu reviewnya 😀

  2. Kang kalo ban depan kanan bergoyang saat 60 km keatas kenapa ya kang padahal sudah sparing ballancing,kelahar roda dan king pen sudah di ganti penyakitnya ga sembuh2

    • Hanya ban depan kanan ya… waduh yg diganti sdh banyak sekali…. waktu ganti kingpin apakah bearing kingpin nya diganti yg bagus ? . Cara cek yg paling gampang ya dongkrak didepan dan coba goyangkan roda keatas dan bawah dan kiri kanan. Kalo goyang brarti bearing as roda sdh hrs ganti. Coba cek stabilizer depan apakah masih bagus ? . Kalo masih belum ketemu juga coba balancing roda depan. Jgn2 velg sdh peyang. Coba rotasi ban depan ke belakang… coba yg murah dulu… jgn solusi yg mahal

      • Saya mau beli 82 tp joint dpn nya gak ada tp TC ada, untuk mengetahui apakah FG nya msh 841 atau sdh diganti apa hrs dibongkar? Atau ada cara lain.. Trims.

      • Wah ini yang paling rumit karena kalo salah beli bisa ada bagian transmisi yg rontok , kalo mau paling nggampang ya konsul dgn ahli nya by phone , spt garasijimny.com di depok .

        tapi kalo masih bisa sabar , boleh pakai cara yang dilakukan ala anak2 kaskus katana jimny sanctuary, yaitu dengan menghitung putaran kopel versus putaran roda belakang, 41 putaran kopel = 8 putaran ban utk 8:41 , penulis tdk brani rekomen karena takut tdk akurat.

    • Makin kasar tapak bannya makin berisik bunyinya kala kontak dengan aspal , makin tinggi kecepatan makin berisik bunyinya. Tapi penulis juga menemukan bahwa makin keluar ban dari fender , juga makin berisik bunyi bannya , walaupun pakai Ban dgn spek all terrain .., hehehehehehe

      Mote : kemungkinan berisik pada katana juga dikarenakan tdk ada peredam pada kabin dan platnya tipis sekali , hahahahaha

  3. met sore om,saya pakai katana 2004 ,sdh 4×4 dan pakai final gear 841dgn kondisi kaki”,pelek dan ban standart semuanya..rencananya saya ingin ganti bannya saja dgn savero komodo 235/70 r15 mt ..tapi saya sdh cari kesemua agen ban gajah tunggal ban tersebut sdh gak ada.. yah terpaksa saya pakai savero komodo 235/75 r15 mt..terus yg ingin saya tanyakan apa saja yg harus saya ganti dan rubah agar mobil gak limbung dan mentok tapi tetap gagah dan profosional..mohon penjelasannya ya om terima kasih

    • katana 2001 , berarti seri GX ya , gigi rationya masih 9:37 , agak berat tarikannya kalo ban nya kebesaran.

      kalo pake ban 235/70/15 dengan per daun std :
      – depan , harus di roll per daunnya dan ganti anting per 12cm , atau majuin bemper sedikit dengan mindah lobang bautnya
      – belakang , harus diroll per daunnya dan ganti ring pernya , biar empug

      selamat mencoba solusi yg termurah dulu yang di eksekusi ya…

    • Oom mau konsul lagi, katana 2001 sdh ganti anting 12 cm, ban 235/75/15, bemper dpn dimajuin, perlu ganti shock apa ga ya?, & Yg murmer & tetep nyaman merek apa oom?
      Klo volume oli mesin, gardan blkng , tengah & perseneling itu msng2 brp liter ya??

  4. om, saya punya katana 2002, masih standar, ban 205 70 r15. kalau mau naikin body kira2 15 cm, trus pasang ban good year xtra grip, apa aja yg mesti dilakukan? saya suka ban yg tipis2 biar nyaman, gak berat dan gak boros. xtra gripnya ukuran berapa om ?,, saran nya di bengkel mana ya, saya tinggal di cilengsi. Lalu kalo mau ganti sok breker biar bantingan empuk, yg merk dan jenis apa ya ? mohon maaf banyak nanya. Matur nuwun

    • Utk meninggikan jimny cukup ganti anting dan roll per daun , kalo di cilengsi mungkin bisa ke bengkel jimny sekitar depok, Btw ban xtragrip itu berat sekali lho , sama spt ban jeep service

  5. Gan maaf mau tanya ban 235/70r15 buat katana standard bagaimana kalo tidak rubah fg? Apakah masih enak khususnya di tanjakan, penggunaan di onroad tapi wilayah banyak tanjakan gan,
    Sama itu dop velg nya beli di mana gan? Sama harga nya berapa? Hehehe

    • Pakai ukuran ban segitu enak kok karena. Enteng dan tdk merepotkan modif kaki2 nya , namun utk mobil yg sudah berumur 20 tahun ada baiknya perbaikan suspensi tetap dilakukan , mengenai dop mobil itu sepertinya punya taft diesel yg di rebranded , hehehehe

      • Terima kasih gan, maaf saya baru ngebales ga tau udah ada balesan hehehe, tadinya saya udah pake ban 30, tapi kasian mobil jadi bloon, rubah ke yang agak kecilan ban nya, udah pasang spacer, per udah di roll, tapi anting2 masih pake std tapi agak bediri, sama tukang per nya katanya ga usah ganti dulu anting2, awal nya enak ban ga gasruk bemper tapi lama2 ban gasruk bemper lagi gan, kira2 itu kenapa ya gan?

Leave a reply to Chris Cancel reply