Servis Dinamo dan Switch Starter pada Jimny / Katana

Sam_Engine

Bila suatu hari nanti , Jimny / Katana anda tidak bisa distarter , padahal tidak pernah ada masalah kelistrikan , lampu terang , alternator baguis, aki baru ; apa yang anda harus periksa dulu ?

dinamo starter2

Berikut ini cara penulis sampaikan rangkuman analisa kerusakan dari beberapa blog yang dapat dipercaya🙂  :

motoguzzi_starter1

Gejala2 gejala yang sering muncul pada saat
kita start antara lain :

  1. Lampu indikator battery dan Oli pada dashboard
    tidak menyala sama sekali. 75% fusiblelink (kabel lemas kecil dengan soket
    putih dekat dengan terminal aki +) kotor atau putus. kemungkinan lain adalah
    kepala aki kotor dan atau aki anda terkuras total setrumnya (jarang sekali).
  2. Lampu indikator battery dan oli pada
    dashboard (warna merah) nyala namun meredup ketika di starter, 90% aki anda rusak atau
    kurang setrum.
  3. Tedengar suara “gemeretek “
    berulang ulang 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20% kepala aki kotor
    atau kabel ground anda sudah korosi.
  4. Terdengar suara mesin berputar tetapi
    lemah seperti “ngeek..ngek…ngek….”. 75% bushing starter aus
    sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka
    perputarannya menjadi sangat berat. 10% ada kemungkinan mesin anda
    terlalu berat untuk diputar, misalnya terjadi kerusakan pada crank saft,
    sistem timing dll.
  5. Terdengar suara “cek..” satu
    kali saja setiap kali memutar kunci kontak…50% switch starter atau yang
    disebut solenoid switch(pada
    gambar no.6) sudah tidak berfungsi dengan baik. 40% kunci kontak
    anda kotor atau sudah aus. untuk mobil yang menggunakan relay starter 40%
    itu ada pada kerusakan relay.
  6. Starter terkadang dimulai dengan suara
    berat lalu enteng dan mesin hidup. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan
    penyetelan Fur dan Na..delco.
  7. Pagi hari tidak dapat starter, pada
    siang hari starter lancar. 80% aki sudah soak tidak dapat menyimpan setrum
    untuk waktu yang lama.
  8. Saat pagi mudah starter, jika sudah
    dipakai agak lama (panas) susah starter. 80% switch starter / solenoid switch
    (pada gambar no.6)
    anda rusak.
  9. Saat distarter tidak ada reaksi sama
    sekali, tidak ada bunyi. 50% gulungan starter anda Hangus atau terbakar /korslet.
    45% Relay starter atau kunci kontak anda bermasalah.
  10. Saat distarter terdengar suara dinamo
    starter mutar mendesing kencang “ssing…” 80% bendix starter
    (no 25 pada gambar)
    anda
    Dull/dol.
  11. Terkadang bisa starter terkadang tidak,
    baik dalam keadaan panas maupun dingin, pagi atau malam. 75% Carbon Brush
    starter anda sudah pendek.

Setelah mempelajari gejala2 yang timbul,
agar lebih detail mengetahui penyakit mobil anda, yang harus dilakukan adalah :

  1. Lakukan pengecekan Voltase battery
    anda, Battery yang bagus biasanya voltasenya tidak dibawah 12.4V, jika
    dibawah itu mungkin bisa saja starter namun tidak untuk starter panjang dan
    berulang ulang.
  2. Jika analisa dari gejala gejala yang
    timbul diatas menjadikan starter sebagai tersangka utama maka lakukan
    pengetesan starter secara langsung. Dengan cara menggabungkan sumber setrum
    pada switch starter(pada gambar
    no.8) biasanya baut 12 dengan
    kabel tembaga yang besar dengan terminal kunci kontak
    (no. 9 pada gambar) yang terletak
    di switch starter juga (disamping kiri yang terdapat satu kabel terpasang
    padanya. Cabut kabel tersebut maka akan terlihat sebuah terminal kecil). “SEBELUM
    MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI PADA POSISI NETRAL”
    Gabungkan
    no 8 dan no 9 dengan kabel atau obeng logam. Pada kondisi normal maka
    starter akan memutar mesin. Jika iya berarti kunci kontak anda atau relay
    anda bermasalah. Jika tidak coba lakukan pengetesan no 3.
  3. Jika cara diatas belum dapat mempersempit permasalahan lakukan penggabungan terminal no 8 pada gambar dengan terminal no 7 pada gambar yaitu berupa dua terminal baut 12 yang terdapat pada switch starter. Pada kondisi normal seharusnya Starter akan memutar dengan kencang tanpa memutar mesin. (karena gigi bendix tidak didorong oleh switch starter jadi tidak memutar flw wheel). jika tidak maka
    permasalahan kemungkinan besar terdapat pada dinamo starter anda, bisa
    karena gulungan yang terbakar atau brush starter yang habis. bisa pula
    karena kabel penyampai strum anda dari aki ke starter (ke terminal no 8 pada
    gambar ) tidak terhubung secara benar.

Nah , apabila Switch Starter dan Dinamo masih dalam kondisi ‘baik’ tapi tidak kuat untuk menyalakan mesin jimkat , maka ada kemungkinan anda harus membuat relay untuk memastikan bahwa listrik yang dibutuhkan terhubung langsung ke dinamo starter tanpa hambatan.

Beberapa bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Relay ( Tentu saja)
  2. Kabel (ketebalan saya samakan dengan soket relay yang dibeli) sekitar 4 meter.
  3. Isolasi Bakar
  4. Skun Male 1 Pcs
  5. Skun Female 1 Pcs
  6. Skun O-Ring 12 1 Pcs
  7. Skun O-Ring 10 1 Pcs
  8. Baut ukutan 10

Peralatan :

  1. Kunci Ring & Pas 10
  2. Kunci Ring & Pas 12
  3. Tank jepit
relay dinamo starter 3

 

b8a57-relay6

nah untuk skema pemasangan relay diatas bisa langsung di adop ke jimkat , tapi akan lebih baik apabila pin 30 pada relay diatas langsung dihubungkan ke kutub (+) aki jimkat.

namun apabila posisi anda di Jakarta , anda juga bisa berkonsultasi dengan pak Tono, spesialis Dinamo di daerah bungur, pasar Senen, Jakarta Pusat .

https://www.google.com/maps/place/Bengkel+Tono+Servis+Dinamo/@-6.1701217,106.840546,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x0:0x1a567081ec755a89!8m2!3d-6.1701217!4d106.8427347?hl=en-ID

Selamat Mencoba !

 

Sumber :

https://ferky.wordpress.com/2008/02/10/mobil-ga-bisa-starter-disini-solusinya/ http://otomotifmobil.com/2014/08/cara-mengetes-motor-starter-tanpa-beban.html http://otomotrip.com/gejala-kerusakan-selenoid-dinamo-stater.html https://s515.wordpress.com/2015/08/19/membuat-relay-dinamo-starter/

2 thoughts on “Servis Dinamo dan Switch Starter pada Jimny / Katana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s