About Jimny

Suzuki Samurai (Suzuki SJ30/SJ40/SJ410, second generation Jimny)

Aliases: Chevrolet Samurai, Holden Drover, Suzuki Caribbean, Suzuki Katana, Suzuki Potohar, Suzuki SJ410, Suzuki Samurai, Suzuki Santana, Suzuki Sierra, Maruti Gypsy

When Suzuki first entered into a product sharing agreement with GM in 1981, this is the vehicle that started the badgineering activities. While it never donned a bowtie in North America, the Suzuki Samurai was sold in Australia as the Holden Drover and in other markets as the Chevrolet Samurai. In Spain, manufacturing was run by Santana, producing the Suzuki Santana, a relationship that ended in failure and left many Santana owners without warranties. To this day, the Samurai is still manufactured in India and Pakistan and is popular in off-road circles. But, a Consumer Reports investigation into the Samurai’s instability in corners where the vehicle would easily roll over killed sales of the mini utility in North America, culminating in a lawsuit between the consumer watchdog and Suzuki which was settled in 2004.

Please read all of Suzuki History in http://en.wikipedia.org/wiki/Suzuki_Jimny

73 thoughts on “About Jimny

  1. Mas Rockerss,

    Mau tanya, kalau pasang stabiliser belakang itu efeknya apa sih? Katana 96 saya lebih sering di jalan daripada offroad.

    Trims ya.

  2. salam mas bro…saya orang baru urusan jimny, baru dapat jimny tahun 94 barang bagus mesin kering bawaan stabil, tp mesinnya panasnya cepet banget dan jarum penunjuk tmperatur kayaknya g bergerak alias mati….saya baca2 tulisan diblog mas bro dan banyak fadah saya dapat dan sedikit2 mulai dipraktekin (maklum koceknya terbatas)…hehehe…yg saya tanyakan kabel pada termostat itu apa ada hubungannya dg jarum penunjuk suhu didashboard? soalnya tuh kabel kayaknya putus atau g konek…kalau g berhubungan gimana caranya? kan bahaya mesin panas dg jarum yg modar…kita jd g bisa kontrol…trims sebelumnya

    • belum tentu jarumnya yg modar , kalau di jimkat saya , yg paling sering terjadi adalah kabel yg terhubung dengan thermostatnya sering lepas karena getaran, nah kabel yg cuma sebiji tersebut memang terhubung langsung ke indikator temperatur di dashboard , posisinya kabel tsb bila terpasang sudah tau kan ?
      😀

      pojok kiri bawah yg kabelnya warna kuning

    • Anda bisa pasang power steering copotan katana dan dipasang di jimny anda. Kecuali apabila yg anda maksud jimny jangkrik. Di literatur majalah jip yg cocok buat jangkrik adalah PS toyota crown. Tapi tdk ditulis versi tahunnya

    • thermoswitch atau thermostat ? , kalo thermostat sebaiknya pakai standard jimny saja beli ori SGP.
      kalau yg dimaksud thermoswitch untuk menyalakan extrafan , baiknya pilih yg 80 derajad saja supaya suhu mesin selalu ideal dan tdk telat nyala sehingga overheat.

      • Maksud sy thermostat yg dipasang setelah selang radiator agar suhu ideal tercapai,tp sy ditawari yg 82 celcius..apa yg SGP ori 80 celcius msh banyak dipasaran..thanks sob

      • bawa contoh nya saja brow , tergantung ukuran drat nya , yg penting pas , tdk melulu hrs pake ori SGP , pake ori toyota malah bisa lebih murah …

  3. Om saya mw nanya tentang masang eef karimun
    Saya baru ngambil jimun tahun 85 saya mw masang eef karimun yg saya bingungkan eef karimun itu dual sped 1 sped pasang ke stelan yg lama sped kedua konekin ke thermostar nah misalkan jimun saya ga da thermostar(menurut pemehaman saya thermostar itu selang tambahan yg di pasang di selang radiator) kalo untuk melihat suhu mesin standar jimun ada dan hidup
    Misalkan kalo saya langsung stell ke 2 sped ngikutin stelan kompresor ac jdi sgtu ac nyala eefnya langsung ke sped yg kedua bakalan bermasalh ga om makasih tolong infonya

    • saya sempat pasang langsung ke speed 2 kok , akan mulai terasa kalau macet , listrik akan mulai tekor , lampu redup dll , tapi kalo rute anda tdk pernah kena macet , akan sangat membantu pendinginan mesin dan AC , dgn catatan radiator masih layak digunakan , jgn lupa beli puli kecil suzuki carry Rp.50rb supaya kipas manualnya makin kenceng muternya …, hehehehehe

      • Yg di maksud kipas manual itu apa y om kipas satunya bukan??? Yg kipas setelah radiAtor? Seperti kipas gambar om yg di atas yg warna merah.

        Saya ga tawu om radiator sayanmasih berfungsi dgn baik or tidak tapi sejauh apapun saya jalan indikator panas tidak pernah sampai setengah paling2 seperempat lebih dikit

        extrafan inikan kipas yg gabung sama kondensor?

        Misalkan om macetnya siang saya tidak menghidupkan lampu hanya musik saja apakah tetap bisa kena macet atau bagaimana kalo saya buat saklar baru yang bertingkat jadi kipas extrafannya ga gabung sama saklar kompresor

        Maaf ni om puli kecil suzuki caary untuk apa y dan di pasang diman? Soalhya saya baru punya jimny n baru bisa bawa mobil wkwkwkwk

        Makasih om maf banyak tanya sangat membantu saya blok om

      • yak betul kipas merah bawaan jimny yg ikut mutar bersama mesin. sebaiknya diganti puli dudukan belt nya , makin kecil makin kencang putaran kipasnya , mesin cepat dingin.

        kalau siang kan pasti pakai ac , jadi sebaiknya EF digabung dgn on off ac , gunakan relay .

        kalau pakai saklar, apabila tdk melalui jalur kunci kontak biasanya kelupaan dimatikan , aki habis di parkiran.

  4. Ok makasih om intinya untuk sped yg pertama buat dengan on of kompresor ac sped kedua bisa dibuatbdgn saklar asalkan pas mobil mati ef nya mati juga wkwkwkwk

    Makasih om

      • Uda rebes om jimny ane dipassngin ef karikun beli di tangooo murah tpi masangnya lumayan d tembak 250 ma tukang ac wkwkwkwkwkw

        Gmn hasil lum keliatan ntar ane report hasilnya kl jlan tengah hari kl jln malem maknyus

  5. Om setelah ane masang ef karimun kok jadi tekor y aki kadang stater susah apalagi klo malam kenapa y altenator als dinamo cas uda ane ganti yg 75nampere aki baru 60 ampere

    • bohlam lampu depan standar ?, pakai cara 1 atau cara 2 ?, coba liat2 tulisan saya ttg aki dan dinamo ampere , spt dinamo ampere nya sampeyan kebanyakan lari ke aki stroomnya , contoh , dinamo ampere saya 70 ampere tapi aki tetep std jimny. ada kemungkinan juga , speed karimun anda terpasang di speed 2 terus menerus , makanya nyedot aki. tapi ini masi teori ya😛

  6. Saat musim hujan, lantai kabin sebelah kiri ada air. Sepertinya rembesan dari eksternal. Gimana ya, ngatasi lantai kabin yg bocor ?

    • bocor di kabin sebelah kiri saat parkir atau kondisi mobil jalan ?, kalo hanya bocor saat parkir dan hanya di sebelah kiri , coba cek tetesan air dari kaca pintu yg merambat sd bagian bawah papan bagian dalam pintu , ganti karet kaca kiri🙂. kalau kondisi jalan bocor coba cek besi papan didepan kaca depan, itu tutup ventilasi udara jimny kalau sudah afkir karatan biasanya bocor, kasi silicon sealant sewarna cat mobil sekeliling papan besi itu sampai kedap air . Selamat mencoba😀😀😀

  7. Mas, mau tanya. Barusan saya cek aki (umur 2 thn 3 bulanan) di dealer aki. Katanya aki saya masih bagus tapi kekuatan alternator saya berkurang dikit. Saya juga rasa gejala lampu agak redup dan klakson lemah kalau malam hari (pakai AC & wiper). Apa ke depan saya harus ganti alternator? Merk asli Suzuki masih ada ndak untuk Katana 96? Trims kalau bisa kasih info.

    • alternator 40 ampere utk suzuki ?, sptnya masih ada di atrium senen , atau mau coba substitut ke alternator karimun , hehehehehe, coba diserpis alternator dulu sebelum beli baru mahal sekali, serpis total ya , ganti bearing dan elco nya , paling kena 300rbuan

    • kalo modif exterior akan lebih murah modif sendiri, tapi kalau performance akan lebih baik kalau miara mekanik yang handal , hehehehehe

      katana gx 96 itu sdh bahan yg bagus , paling banter main kaki2, ban , anting dan shock , itu aja sdh cukup

      kalo ada dana lebih baru main 4×4 , tapi kalo buat ngantor doang ya percuma , hahahahaha

      • Thanks mas bro masukkan nya. Tinggal di daerah mana mas bro ? Biasa ke bengkle mana kl daerah jakarta ?

  8. Malem mas brow tanya nih apa kira2 masalahnya kalau indikator accu didasboard nyala terus,iseng2 alternator ane service mas brow setelah selesai dipasang memang mati tp nggak lama seharian setelah beberapakali distater nyala lg,dan informasi jg dinamo stater bunyi cetak cetok yg pd akhirnya mobil nggak mau nyala,mohon saran ? Tks

    • Serpis dinamo itu bukan cuma Cek pengisian dan bearing tapi ada baiknya semua komponen yg sdh afkir diganti. Yg byk pengaruh dgn indikator aki itu adalah resistornya sebanyak 3-4 biji. Brg kampret itu sering tdk diganti apabila tdk ada request.

      Dinamo starternya sudah minta diserpis tuh . Muternya sdh mulai berat. Punya saya juga sama. Hahahahahaha

  9. Gan mau tanya nih, kalau bikin pematik api rokok atau nantinya bs dipakai charger hp dijimny apa bisa,klu bs bgmana caranya mengingat didasboard tdk ada tempatnya.tq mas brow

    • bisa, tinggal dibuatkan jalur sendiri menggunakan relay dan dihubungkan dengan jalur acc kunci kontak , gunakan socket korek api aseso motor atau yg kedap air sekalian , peletakan bisa dibawah dashboard atau didalam glove box.

      • Om punya nomot yg bs d kotnak gak? Mau nanya2 masang water pump.katana. ada yg ane kurang paham hehehe

  10. Mas, gimana kabarnya? Sy mau tanya nih. Mobil (Katana 96) kalo udah hampir 3 tahun dipake perlu servis apa saja ya? Sy rajin tune up kalo pas ganti oli tapi pingin tau apakah komponen lain perlu dicek & servis stlh 3 tahun pemakaian. Dulu pas pertama beli smpat servis besar, turun mesin, ganti timing belt, ampas rem dll. Skrg itu perlu dicek lagi ndak? Trims klo bisa bagi info.

    • 3 tahun kalau pemakaian tiap hari ya sdh saatnya ganti air radiator, ganti oli TC dan gardan, oli sirkulasi ac , cek bearing roda, antikarat kolong mobil, cek karet2 selang bensin dibawah, ganti filter bensin, kuras tangki…, selebihnya jarang ganti kecuali ada keluhan , oh ya cek kabel busi , ganti yg bagus sekalian , kalo yg murah biasanya sdh getas spt kerupuk…

  11. hallo mas gan rocker..
    ane baru dapet katana tahun 96 nih.. 3 hari yang lalu bokap ane bawa si cathy jalan2.. dan bokap ane bilang temperatur si cathy naek pas ac di nyalain ( kondisi jalanan macet )… besoknya ane buka kap mesin si cathy dan ada bekas muncratan air radiator yg udah berkarat. akhirnya ane kuras air radiator dengan cara membuka kran radiator yg di bawah. stelah itu ane masukin air bak kamar mandi lalu ane kuras lagi sampai air yg keluar dari radiator terlihat jernih. dan ane langsung masukin radiator coolant. (majikan si cathy sebelumnya juga pake radiator coolant)
    yang mau ane tanyakan adalah
    apakah cara menguras radiator si cathy yg ane lakukan sudah benar hanya dengan membuka kran radiator yg di kolong tersebut. mengingat waktu ane pake avanza kalo mau kuras aer radiator krannya ada 2. yg di bawah 1, trus ada yg di atasnya 1 lagi..
    mohon pencerahannya mas gan rocker.

    • Saya ucapkan selamat atas kepemilikan mobil tangguh LGCC murmer Jimkatnya mas brow !

      Nah berhubung katana 96 anda sebentar lagi akan berulang tahun yg ke 20 ada baiknya dilakukan serpis radiator yg benar. Yaitu ke tukang radiator. Nanti disana head atas dibuka pakai api las . Dan dibersihkan sekat2 radiator nya. Biasanya byk serpihan logam dan lumpur sludge dr mesin. Perkiraan biaya 80rb blum termasuk air radiator baru. Ada baiknya sediakan dana 800rban utk pasang elektrin fan dual speed karimun kotak. Pengaruhnya besar utk menurunkan suhu mesin ketika kena macet di jalan.

      Selamat mencoba.

  12. Om tanya2 lg nih klu mau ngerol per daun apa hrs semua nmr satu dua dan seterusnya baik depan maupun belakang atau hanya nmr satu saja,trs utk jml per daun yg benar bawa’an jimny katana depan berapa biji belakang berapa biji.thanks om

  13. Hallo om mau tanya tanya lg nih,kalau mau ngerol per daun depan dan belakang apa hrs semua atau hanya cukup per daun nomor satu atau nomor dua saja,dan berapa jumlah masing masing per daun yang benar atau asli bawa’an asli jimkat baik belakang mupun depan.tks om

  14. seingat saya depan harus ada 4 lembar , kalau di roll sebaiknya di roll di per 1 dan 2 , sementara nomor 3 datar dan nomor 4 yg paling pendek ditekuk lawan arah kebawah sedikit

    fyi kalo beli perdaun baru merk indoparts , utk depan satu set kena 800 rb

  15. Om mau tanya kalau klu roda depan pada kecepatan 40 keatas bergetar / goyang sangat keras atau seperti velg yang peang kira kira apa penyebabnya ya,apa ada hubungannya dengan terot krn kebetulan setir jimkat saya spelingnya lumayan banyak ? Tks om

    • Cek tierod bisa gratisan kok dibengkel per . Paling banter kasih 10rb ke teknisi. Kalo tierod sdh bagus coba cek batang stir. Dan konsul ke spesialis power sterring. Ada satu baud yg bisa diputer utk mengecilkan speeleng. Kalo mau murah jgn bongkar semua tapi cek satu2. Jgn terlalu percaya mekanik juga…

  16. Apakhabar om mau tanya2 lagi nih,idealnya utk fg yang cocok dengan ban extra grip ukuran 750-15 mengunakan yang ratio brp.apa bisa dengan yang standart 937 bawa’annya,lalu tc yang dipakai brp juga ? tks om

  17. sore gan apakhabar mau tanya masalah shock, kalau shock utk jimny katana yang belakang pakai punya kuda enaknya yg gas atau oli dan yang depan pakai punya apa selain taft krn infonya punya taft agak keras,mohon sarannya gan ? tks gan

    • kalau untuk harian saya sarankan depan pakai shock gas utk katana , bisa tanya ke toko shockbreaker, pertanyaan berikutnya biasanya adalah masih pakai anting standar atau sdh tinggi , hehehehehe, kalo masih jimkat standar , depan = gas dan belakang = oli oem suzuki katana.

  18. Oh iya gan sy lupa info klu jimkat sy sdh pake anting tinggi,jd gmn gan yg belakang tetap pake shock yg oli atau gas sm dengan yg depan ? Tks gan

  19. bersambung gan masalah shock,kalau untuk jimkat depan belakang pake shock procom kira kira nyaman atau cocok apa tidak dan saat ini body sdh tinggi pake anting 12cm dengan ban extragrip 750×15,jimkat sementara ini banyak dipake harian ? tks gan

  20. om, mau tanya kalo mau ceperin katana kira2 apa aja ya yang harus di siapin? hehehe
    sama mau tanya, katana sy kalo kena jalan gelombang atau lobang kecil2 gitu, di roda kiri nya ada suara berisik sperti baut kendor, krecek2 gitu bunyinya hehehe. kira2 suara nya darimana ya itu? apa harus ada yg di cek dan ganti? thx om

    • Kalau katana nya sdh cukup berumur coba cek kaki2 boss. Dongkrak depan dan goyang kan kiri kanan. Ada kemungkinan bunyi dari as roda . Bearing . Tierod atau king pin. Kalo dr king pin tdk perlu beli set. Cukup pin nya saja.

      Utk ceperin pastikan karet stopper shock masih bagus. Per daun depan dibuat rata. Potong 2 cm didepan dan belakang pada lembar pertama. Tapi resiko tdk nyaman ya. Hehehehehehehe

  21. Selamat sore salam kenal boss
    Sy punya katana 91, klo mo pasang wiper kaca belakang, yg cocok pake wiper pny mobil apa ya
    Tenkyu sebelumnya

  22. Bang Rockerss, mw tanya nih.. sy kan punya jimny th87 4×2 pk ban 31. Nah sy punya gardan set fg nya 11/45(bonggol depan kcl, blkng besar) kl di pake bs kuat nanjak gak y? Thx.

    • kalau itu aslinya bawaan jimny nya ,kalau masih 4 speed mestinya kuat , tapi sebelum dipasang ada baiknya konsultasi dulu sama yang biasa pasang 4×4 di jimny …, soale kok rasio nya agak ajaib gitu , takutnya malah ngerusak mesin atau transmisi.

  23. bang saya pakai samuarai ex singapore 93 saat jalan kalau kena lobang ben depan langsung terasa baling tak terkendali apa ya ya bang…yg perlu di perbaiki maklum baru…pakai

  24. Hallo rokkersss….
    Bloqnya menginspirasi sekali..sampe sampe saya langsung buka dashbord sendiri tapi gak bisa ngembalikannya…hahaha
    Bakal selalu saya baca bloqnya dan tanya2 di kemudahan hari…

  25. Blognya informatif sekali untuk saya yang masih sangat pemula untuk urusan mobil… he he…
    btw, mau nanya om, kalo mau ganti spion, cara buka cover dudukannya itu gimana ya, apa dicongkel aja? thanks

  26. Malem om rocker, blog nya sangat berguna buat pengguna pemula katana kaya saya nih, sekalian mau tanya mau otak atik katana yg bagus di bandung di bengkel mana ya ? pertama saya mau masang EEF Karimun dulu sih, soalnya gak kuat kalo macet mesin panas terus hehe. Thank you !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s