Mengganti Kaca pada Pintu Jimny / Katana

 CIMG8520

Selamat Siang braderrs and Sistarrs ,

Kita jumpa lagi dengan topik penggantian kaca jendela pada pintu katana yang rusak atau pecah , tentunya seperti biasa , kita coba lakukan sendiri di rumah dengan alat2 kerja seadanya.

Alat-alat yang dibutuhkan :

  1. Obeng minus besar.
  2. cairan WD-40.
  3. Tang Buaya atau Tang Jepit.
  4. Sikat kuningan ukuran kecil.
  5. amplas grit 200.
  6. Obeng plus yang panjang.

Langkah pengerjaan :

  1. copot panel pintu bagian dalam , copot karet seal air di bagian atas, lepas semua baut dan gunakan obeng minus bila perlu

IMG_20140830_081224

2.turunkan kaca ke bawah , lepas dua baud 10 kiri dan kanan ,dari regulator kaca jimny.

IMG_20140830_081152

3.Bersihkan karet jepit kaca menggunakan silicon spray , bersihkan rangka besi dari kotoran kaca yang pecah dengan menggunakan obeng minus., biasanya ada banyak kotoran dan karat.

4.Pasang kaca baru nya dengan hati2 , letakan pada tempat yang rata. pasang dulu karetnya pada kaca.

5.Selipkan kaca baru melalui lubang dibagian atas pintu , kemudian pasang dua baud di regulator kaca , kencangkan.

1. Biasanya butuh penyesuaian letak kaca antara kiri dan kanan dengan regulator kaca. Apabila karet sudah terpasang pukul pelan2 menggunakan palu karet.

IMG_20140830_081920

Bereskan semua alat kerja, Selamat Mencoba !

 

Note :

Harga kaca samping jimny : , ORI = 160rb , Imitasi = 100rb ( Harga dari Moroseneng, Bungur, Senen, Jakarta )

11 thoughts on “Mengganti Kaca pada Pintu Jimny / Katana

  1. Permisi Om..

    Saya newbie banget di per-Jimny-an. Mohon ijin minta nomer hp, pin bbm, WA atau alamat email untuk konsultasi pingin banget beli Jimny Om.

    Terima kasih.

  2. Om, kalo tuk penggantian atap katana,itu gimana om? Atap ori katana di potong,atau atap katana diganti dengan atap jimny om? Tolong sarannya om,soalnya ane mau rombak atap om, trimss om

    • Pesan atap trepes di salah satu importir lokal. Setau saya atap lama dipotong sampai batas talang air dan atap baru dilas langsung. Usahakan bengkel yg mengerjakan paham betul atau sdh pernah mengerjakan ya…

  3. Baru dapat jimny 82 yg 4×4 kok kalo hujan bocor di sebelah bawah dasboard.di kanan pas di atas pedal gas, klp yang sebelah kiri di atas kaki..yang bocor apanya ya..dari karet kaca depan atau dari mana ya..

    • Sdh coba liat kolong di belakang dashboard biasanya akan kliatan ada bekas jejak air disitu. Coba ganti karet kaca depan. Cek lobang antena radio. Cek seal as wiper dan coba tutup celah diantara dua pelat di sudut kaca depan. Diatas logo katana dengan silikon seal. Cek retakan di talang air juga…

  4. malam om… saya mau tanya om, saya punya jimmy tahun 1994,
    kondisi sebagai berikut
    1. platina baru ganti punya toyota
    2. busi bagus
    3. tali busi baru
    4. pompa bensin udah dicek (masih bagus)
    5. dinamo arangnya udah ganti
    6. aki baru (punya kijang, 65 ampere om)
    7. kabel2 baru di ganti

    permasalahannya, mobil kalo pagi susah di starter om, kendalanya dimana?

    kalo ditekan gas 2 samapi 3 kali, baru mau maincing gasnya, dan setelah panas, dan dihidupkan kembali, mobilnya jadi lancar aja pas dihidupkan..

    kira2 masalahnya dimana ya om…

    • tergantung kondisi mobil ya ya , namanya mobil tua, ehehehehehe.
      1. spt anda , ketika saya dapat jimny kondisinya tidak ideal setiap pagi nyalanya harus dibantu choke…
      2. setelah ketemu teknisi yang ngerti nyetel waktu pengapian , dan setingan komposisi udara + bensin di karbu , setiap pagi tinggal starter tanpa choke lagi…

      coba cari teknisi yg handal disekitar anda yg bisa setel karbu , atau kalau ingin coba sendiri bisa coba putar baut setelan angin karbunya 1/4 puteran ke kiri biar agak kaya bensin dan udaranya…

      3. sudah coba diisi pertalite ?, jadi beda lho kelakuan jimny nya…😀

      • udah coba isi pertalite om.. sekarang isi pertalite mulu.. jarang tangki kosong, kalo seperempat aja langsung isi penuh…

        kalo setelan karbu mungkinlah ya om…

        soalnya kalo idup mesinnya.. kalo kita pergi ke area belakang sekitar knalpot, trus kita berdiri bentaran aja, langsung pusing ane nyium bau asap knalpotnya, apa bener setelannya om??

        cara sederhananya gimana setelannya om…

        coba kasih tips and trick,

        makasih sebelumnya…

  5. kalo bau knalpotnya bikin pedih mata , berarti kebanyakan bensin dan kurang udara, cek dan bersihkan jalur filter udara, kalo kondisi mesin sdh panas , bau bensin di knalpot seharusnya sdh hilang, coba geser sekrupnya di karbu dengan obeng minus sedikit ke kiri anda …

    • malam om, makasih banyak ya om, kemaren sudah ane coba stel sendiri karbunya, lumayan ada perubahanlah, tapi masih balum settingannya om..

      om, ane mau tanya beberapa pertanyaan lagi, cuman boleh minta id facebook gak? soalnya ane gak sering main internetannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s