Tips Ganti Arm Wiper Jimny atau Katana

Samurai

Beberapa saat yang lalu penulis pernah berjanji pada seorang kawan, untuk menulis tentang cara pemasangan / perbaikan arm wiper link pada jimny katana. Nah diawal 2014 yang selalu hujan ini, penulis berusaha memenuhi janji tersebut.

Salah satu masalah utama, yang umum terjadi pada gerobak jimkat setelah 20 tahun pemakaian diantaranya adalah wiper, entah as nya oblak , atau motor listriknya mulai rusak. Nah untuk mengatasinya diperlukan perbaikan / penggantian beberapa parts yang berkaitan dengan wiper tersebut. Dikarenakan partsnya termasuk murah , dan sekaligus prosedur bongkarnya yang agak rumit, maka penulis menyarankan untuk melakukan penggantian dengan parts baru.

IMG-20131229-07825

Bumbu/Bahan yang dibutuhkan :

  1. Pocari Sweat satu botol ukuran sedang.
  2. Arm Wiper Link ( harga antara 75- 80 rb )
  3. Tancho ( cuma org jadul yg tau barang ini )
  4. Motor Listrik Wiper ( beli kw aja brow , 145-175 rb )
  5. Senter / Lampu Kerja / Zippo.
  6. Kunci pas 19, 17 , 8, 10 dan kunci shock 12, 13
  7. Mental dan kesabaran yang kuat.
  8. Hari libur , butuh seharian buat pengerjaan.

Sip , setelah semua ingredient sudah terkumpul, maka urutan kerjanya adalah sbb :

  1. Minum Pocari Sweat , jangan dihabiskan.
  2. Copot kedua kutub aki. menghindari korsleting.
  3. IMG-20131229-07830Bongkar Dashboard , buka semua baut dashboard , untuk katana , 2 set sekrup di kiri dan kanan, tiga sekrup di bagian atas dasboard, 2 sekrup pemegang dudukan rumah spedometer.IMG-20131229-07829.IMG-20131229-07828
  4. Buka arm wiper lama di atas kap mesin , gunakan kunci pas / T ukuran 8.
  5. IMG-20131229-07827Buka plastik penutup bagian bawah setir dan cari 2 baut pemegang setir , buka dengan kunci shock 13 / 12. Turunkan setir.
  6. IMG-20131229-07831Lepas Setir mobil , congkel tombol klakson di tengah, buka baut setir dengan kunci pas 17 , sebelumnya ditandai dulu supaya lurus ketika dipasang kembali.
  7. IMG-20131229-07832Lepas Rumah Spedometer, tarik paksa dan lepas dua soket listrik kiri kanan dan dudukan spedometer, perhatikan ada bagian pengunci yg tinggal di pencet😀.. Copot rumah spedo dan letakan di tempat yg bersih dan aman. Apabila memungkinkan ganti dengan lampu LED dan bersihkan bagian dalam spedo JimKat anda.
  8. bongkar rumah dudukan tape mobil dan jalur ventilasi AC bagian tengah dashboard.
  9. IMG-20131229-07826Pindah ke bagian depan kaca, lepas baut 19 pada as wiper yang menonjol diluar.Apabila sudah macet karena karatan, anda akan butuh gerinda listrik untuk memotong.
  10. Masuk ke dalam kabin, Foto bagian tengah arm link wiper dengan kondisi terpasang,copot kait pada Wiper link bagian tengah, kemudian baru bagian kanan  driver.
  11. Buka kemasan wiper link yang baru dan pasang pada tempat wiper link yang lama.apabila memungkinkan cukup pasang bagian yang ada as wipernya, karena biasanya wiper link yang asli buatan Suzuki masih dalam kondisi bagus.
  12. Jangan lupa test dulu sebelum memasang dashboard kembali., habiskan Pocari Sweatnya.
  13. Kembalikan semua part kembali seperti semula.

Hal – Hal yang harus diperhatikan :

1. cek lubang dudukan as wiper arm pada jimny anda , semprot dengan cairan antikarat bila perlu, tidak usah Tuff Coat Dinol , cukup beli kalengan saja.

IMG-20131229-07834

2. Lumasi link arm wiper secukupnya dengan Tancho , jangan pakai gemuk , karena dudukan as wipernya terbuat dari plastik. apabila terlanjur menggunakan gemuk , harap dibersihkan.

IMG-20131229-07835

Perhatikan bentuk klip pengancing as yang ada , jangan sampai hilang , karena tdk ada yang jual satuan

3. Jangan salah beli part arm link wiper, beli yang semirip mungkin dengan bentuk aslinya.

IMG-20131229-07836


Ini Arm yang jelek karena as nya sering doll , kurang kuat pemasangannya di beberapa titik as

4.Beberapa contoh ciri-ciri Arm link Wiper non SGP ,yang berkualitas cukup baik.

IMG-20131229-07837

Perhatikan kualitas as dan bentuk klip plastiknya.

IMG-20131229-07838

Apabila ingin lebih yakin lagi , saya sarankan bagian ini di las listrik dan di lapis cat antikarat

IMG-20131229-07840

kiri : merk Lai , mirip dengan arm asli SGP
kanan : imitasi tanpa merk , doll pada bagian as yg berkarat itu, bisa dilas utk perbaikan

IMG-20131229-07843

Atas : merk Lai
Bawah : merk tidak jelas

IMG-20131229-07844

kiri : tanpa merk, mur lebih tebal
kanan : merk Lai , sesuai asli SGP , tipis

Untuk mur as wiper , penulis menggunakan yang tebal untuk memudahkan perawatan di kemudian hari , karena punya pengalaman buka mur wiper tipis ori SGP begitu ribetnya , sehingga harus memakai Gerinda listrik.

IMG-20131229-07845

Atas : tanpa merk
Bawah : merk Lai , sesuai aslinya.

5.Untuk memudahkan pemasangan, sebaiknya arm link wiper sebaiknya dibongkar lebih dahulu. untuk merk Lai , cukup ditekan pada bagian tengah as menggunakan ibu jari ( jempol )

IMG-20131229-07842

Tekan as tengah, gunakan 2 ibu jari

6.Perhatikan susunan pemasangan Seal As Wiper , tambahkan sedikit silicon gasket sealant warna hitam pada saat pemasangan, agar tidak mudah bocor.

susunan pemasangan karet seal As Wiper versi penulis

susunan pemasangan karet seal As Wiper versi penulis

7.Urutan pemasangan dari sisi wiper paling kanan dari sisi driver, tengah dan dari sisi kiri yang terhubung dengan dinamo wiper.

Wiper paling kanan

Wiper paling kanan

Wiper posisi tengah

Wiper posisi tengah

Motor Wiper

Motor Wiper sebaiknya ganti, mumpung sekalian bongkar dashboard

8.Pemasangan arm link wiper jangan sampai tertukar posisinya, biasanya pada saat pembelian part, posisi pemasangan arm dalam kemasan tidak tepat, makanya sebaiknya dibongkar dulu.

IMG-20131229-07850

baris :
1. Arm dr dinamo ke as wiper tengah
2. Arm asli SGP dari wiper tengah ke kanan. perhatikan dudukan as-nya.
3. Arm tanpa merk.
4. Arm merk Lai.

9.Perhatikan klip plastik pengunci as wiper, jangan sampai rusak. car apembukanya cukup diputar dan dilolos kan dari arm yg lain. perhatikan lubang penguncinya.

klip plastik pengunci as wiper

klip plastik pengunci as wiper

klip plastik pengunci as wiper

klip plastik pengunci as wiper terpasang

Demikian cara pemasangan link wiper arm , penulis mengucapkan selamat mencoba dan GBU !


Note : Untuk pemasangan as wiper tengah dibutuhkan dua orang, satu didalam kambin dan satu orang diluar untuk mengencangkan Mur.

10 thoughts on “Tips Ganti Arm Wiper Jimny atau Katana

  1. Nah,ini dia tutorial yang di cari-cari😀
    Wiper saya malah gak fungsi sama sekali,jadi kalo hujan,ya susah banget liatnya.
    Apalagi kalau lagi jalan malem dan hujan,bermodal iman dan ketakwaan aja deh nyetirnya *facepalm

    Thanks mas,dicoba dulu ya,hehe…

    • wiper frameles mesti pakai arm wiper model kait ya , berarti mesti ganti dudukan spt punya kijang kotak , coba cek tangomotor.com disitu ada cara rubah arm wiper jimny

  2. Haduuuuuh ribeeet… Kalo minta tolong ke bengkel akan sedetail itu gak ya?…
    Saya penggemar baru Katana nie…
    makasih infonya… (Sangat jelas uraiannya, tapi bisa nglepas kira2 bakalan bisa masang lagi gak yaaa…)

  3. anjuran tmn2 kmrn suruh pake link wiper hijet, ini saya ud beli, tp blm pasang, apakah stang wipernya sama panjang? kok kayaknya punya hijet agak panjang

    • saya sarankan pakai standarnya saja supaya dinamo wipernya tdk dibebani terlalu banyak. tapi bila sdh terlanjur beli , monggo dicoba saja , namun apabila kena karet kaca saat pemakaian , sebaiknya dihentikan saja penggunaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s