Pasang Visco Fan pada Jimny / Katana

 

 

 

maxresdefault

Salam sejahtera dan sukses selalu ! …

Hitung- hitung sudah lama juga ya saya tidak menulis disini , semuanya dikarenakan terlalu sibuk nyangkul di sawah dan menggarami lautan yang tidak kelar kelar😛

Baiklah , terinspirasi , atau lebih tepatnya terganggu dgn semua pemberitaan mengenai jargon kontroversi hati dan statusisasi di TV , tiba penulis dihujami beberapa foto field report dari penggunaan kipas visco fan vitara pada katana beliau.

Nah ! , sekarang , kalau anda sudah bosan dengan kipas mesin standard jimny/ katana dan ingin ber eksperimen lebih eksotis dan kontroversial lagi, berapa sih biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan visco fan ini ? :

1. Kipas Visco Vitara Komplit set –> 800 rebuan

Kipas set ini terdiri : set visco dan bilah kipas beserta baud tanam  buat masang visco       di puli kipas katana.

2.Shroud kipas mesin Katana ori –> 112 rebuan

3.Ongkos pasang –> 150 rebuan aja / cincai

Nah seperti biasa langkah pemasangan sama dengan langkah pemasangan kipas elektrik pada jimny/ katana, diawali dengan melepas semua selang radiator dan aseso nya. pasang baud tanam pada puli dan rakit visco fan pada baud tanam tersebut , jangan lupa shroud kipas mesin harus terpasang dulu .

Seperti apa penampakannya setelah terpasang ?

IMG-20130911-WA0000[1]

IMG-20130911-WA0001[1]

test nyalakan mesin dan dengarkan suaranya yang sangat smoooth …. tidak seberisik kipas standar, putaran mesin juga lebih ringan …

IMG-20130911-WA0002[1]

Dikombinasikan dengan Kipas Karimun Dual Speed dibelakang grill , yang berfungsi pada saat AC Denso dinyalakan , jadi seperti apa ya suhu mesin Katana nya sekarang.

IMG-20130911-WA0004[1]

walah , jarum temperatur kok serendah itu ?, kalau serendah itu tentunya radiasi panas mesin tidak akan mengganggu performa Kompresor AC ya , jangan2 sensor suhu mesin rusak ?, coba kita berpusing pusing sebentar di dekat rumah.

IMG-20130911-WA0005[1]

wah , ternyata suhu mesin jadi jauh dibawah suhu oprasional water thermostat pada sirkulasi air radiator , yaitu 80 drajad Celcius. Good !

Overall , bunyi kabin jadi lebih hening, putaran mesin jadi lebih ringan, dan tentunya kabin katana jadi lebih dingin dari sebelumnya. Penulis jadi penasaran , apa iya kalo mobil ini tak geber di tol dan dibawa bermacet ria di jakarta kota temperaturnya akan teteup segitu ?, mungkin lain kali saya test lagi , huehehehehe

Note :

Katana tahun 94 milik brow Wahyu dari Pamulang ini memiliki spek sbb :

1. Ban Savero Komodo 27 x 8,5 MT

2. Pengapian menggunakan Porter digabung dengan delco CDI buatan RRC yang dibuang CDI-nya .

3. Koil Racing Champion GT , sudah cukup utk harian , begitu kata beliau…

4. Kabel Busi OEM Suzuki Katana , kabel busi racing warna biru krg valid…

5. Kipas karimun baru dual speed dipasang di belakang grill

6. EazyClutch , kopling semi-matic , biar kaga pegel saat macet😀

IMG-20130911-WA0003[1]

 

 

 

 

 

 

14 thoughts on “Pasang Visco Fan pada Jimny / Katana

  1. Mas, saya mau tanya, kipas Visco Vitara/Escudo ini kipas elektrik atau kipas yang pakai pulley ke rpm mesin? Jika bukan kipas elektrik, mengapa dia kok lebih ringan & efisien mendinginkan mesin dibandingkan kipas mesin ori Katana? Apa beda pulley, putaran, dsb? Saya sendiri sudah pasang kipas dual speed Karimun (700rb), dan lumayan dingin suhu mesin. Kalau mau coba ini, wah 800rb lagi dong, hehehe.
    Terima kasih ya.

    • Penggunaan kipas vitara ditujukan bagi pengguna jimny yang masih menggunakan kipas asli. Lebih kecil beban nya pada mesin dikarenakan hanya menggunakan minyak pd kipasnya yg berubah sifat pada suhu tertentu. Biaya pemeliharaan juga murah. Apabila macet paling hanya ganti isi minyaknya seharga 50rb, oh iya apabila pakai kipas vitara, ujung bilahnya dipapas 1 cm. Biar muat dgn shroud asli jimny.

      • Oh, terima kasih ya Mas Rockerss. Jadi putaran kipas Vitara lebih ringan karena mekanisme pelumasnya lebih bagus ya? Ok deh, saya tunggu update suhu mesin kalau kena macet Jakarta dulu saja.

      • Alooww bro …rockers .wech itu foto coil kabelnya masih berantakan dipasang juga xixixi ..saran ajah buat temen2 yg mau beli cdi porter ati2 banyak yg aspal yg warna kuning emas mengkilat ternyata palsu ..saya sempet masang cuma 1 minggu udah modar panas bgt cdinya ..mobil gak bisa langsung jreng distater …beli cdi porter yg warna silver dop ..trus pastikan kabel2nya lebih kaku and tebal isolatornya dan yg paling penting modul cdi porter yg asli tertutup rapet gak ada celah untuk dibuka..sedangkan cdi porter abal2 ..bisa dibongkar krn ada sekrupnya. Btw setelah pasang visco punya vitara ..dihajar panas terik macet di tol ac dihidupin terus ..suhu mesin paling tinggi 75 sd 80 derajat celcius..begitu mobil jalan lagi ..lolos dari macet ..sekitar 5 10 menit suhu langsung turun ke 50 celcius …keuntungan pake visco mesin enteng bener putarannya ..kalo ac idup rpm tidak ngeden..and pastinya bengsin lebih irit yaa ..ah lupain bensin irit toch di jkt tangerang macetnya parah ha ha ..cuma skrg suka iseng ngeledek kalo papasan jimny lagi macet2an trua kacanya ada yg dibuka ..anak ane langsung nyeletuk ..jiah mesinnya demam tuch pahh jimnynya xixixixi…wech sorry kepanjangan bro rocker ..merry christmas yaa met natal buat temen2 yg merayakan..enjoy your jimny its fun car to drive ..salam. wahyu pamulang

  2. spek jimny ane kurang komplit broo.. nich tambahannya .. :
    – pioneer cd mp3 3gp player .. (jgn minta copy 3gp nya yak..) + mini subwoofer kotak ..
    – ac ND asli bawaan mobil (termasuk switch ac dan sensor termis nya-soale ini yg sering diakalin sama bengkel ac diganti termis yg pake kawat tembaga trus diumpetin di bawah dashboard.. )
    – cover interior..pintu kiri kanan belakang + dinding samping jok belakang – all fiber glass .. jiplakan bekleiding samurai jepun ..
    – Spion luar punya karimun .. KW 2 .. he he..
    – kaca pilem .. M3 asli ..(ada logo hologram di lapisan kaca filmnya .) .. lapis semua kaca depan samping belakang .. sangat efektif menolak panas sinar UV. ehh.. bukan ngiklan yee.. he he .. jgn beli kaca pilem abal2..sayang duitnya .. cuma dpt gelap doank .. panasnya tetep ..gak keredam.

    Next project :
    1. Ganti suspensi pake Old Man Emu .. (kalo ada yg mau jual murah)
    2. Ngisi cairan anti bocor di semua ban .. – soale mobil dipake istri.. kacian nanti tangane kasar kalo harus bongkar pasang ban .. xixixi – udah sukses ane pake di ban ninja .. gak pernah kempes meski udah ada 5 paku ranjau tukang tambal ..nempel di ban ( males nyabutnya .. biarin ajah nempel di ban..wkwkwk )
    3. re-paint..nanti kalo pas liburan panjang anak sekolah .. soale nich mobil buat anter anak skolah..
    4. pasang 4×4 … hmmm.. he he he keren kali yaa .. katana 4×4 semi matic ..kayaknya baru pertama kali di pamulang .. wkwkwk ..

    Salam,
    wyu-pamulang

  3. Om Admin/mas Wahyu..slm kenal..mau tanya, pas proses pasang visco-nya, posisi radiator diubah gak? kr ad yg bilang kalo modif pk viscofan radiator perlu dimajuin, benar gak?..lalu utk puli waterpump mas Wahyu pk yg diameternya br cm? katana sy pulinya diukur diameternya 9cm, msh krg kecil gak? (apa ad yg lbh kecil lagi ya?)..oya, satu lg, kalo ga salah pas distater fan sdh muter tp msh pelan, trus mesin mulai panas putaran fan makin kenceng..nah kalo pas agak ngebut atau lari di tol, putaran fan akan sama dg mesin atau bisa lbh cepat dr putaran mesin?..please infonya ya mas, krn saya jg mau coba pakek viscofan, skrg lg pake EF limbah sgapur, enak jg mesin adem mo panas/macet kayak apapun, tp kalo pas elektriknya ngadat trus mati EFnya, bisa stress d jln heheheh..thx berat ya, slm Andre

    • Pakai final gear katana saja 9:37 masih bisa lari diatas 100km/jam pakai ban 235/70 . Makin besar ban makin lambat akselerasinya kecuali sdh ganti mesin escudo. Kalau buat harian sebaiknya standar saja.

  4. Hai om Rocks,
    saya ada uneg2 lagi nih.kali ini seputar ac.masalahnya klasik banget.rpm mesin drop ketika ac di on.kan.analisis singkat dari temen penyebabnya solenoid valve (sv)rusak.saya coba ganti/pinjam sv milik teman dan dicoba ternyata masalahnya tetep sama.oleh temen saya dicoba menghisap selang kecil yang terhubung dari salah satu moncong sv ke vakum yang ada di karbu mesin tiba2 langsam normal.kira2 dimana biang keroknya,om?lalu bagaimana cara mendeteksi/mengetahui sv dan vakum yang ada di karbu masih bagus atau sudah rusak.terimakasih atas perhatian,saran dan masukannya om.gbu.

    • hahahaha, kalau mau paling gampang ya cek ke tukang karbu , kalau paling gampang deteksi ya ketika ac nyala , vakum selenoid mestinya gerak narik tuas yg berfungsi menaikkan rpm , karena vakum asli jimkat agak ‘mahal’ dan ‘langka’ biasanya dimodif pakai part mobil lain yg kompatibel , paling tinggal menyesuaikan tuas penariknya, cek tangomotor.com utk harga partnya , gampang kok kalo mau pasang sendiri, thx and gbu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s