Pasang Water Thermostat pada Jimny / Katana

Sensor Jimkat

Selamat pagi Braders Jim-Kat Users !, pada bahasan tips dan triks kali ini , saya akan mencoba share sedikit mengenai pemasangan Thermostat pada Katana saya , tapi sebelumnya perlu sedikit saya sajikan sedikit mengenai teorinya ‘what’ , ‘why’ and ‘when’ hal ini harus dilakukan😛

( Dibawah ini sedikit teori nya , kalo tdk tahan bacanya silahkan skip saja😀 )

Thermostat sebagai pengatur suhu

Mesin mobil yang menggunakan sistem pendingin air menggunakan thermostat sebagai pengatur suhu. Thermostat berfungsi sebagai katub/keran aliran air dari mesin ke radiator. Pada saat masih dingin, thermostat menutup sehingga air akan berputar-putar di blok mesin yang membuat suhu kerja ideal cepat tercapai.
Saat suhu kerja tercapai, maka thermostat membuka sehingga air mulai dialirkan ke radiator untuk di dinginkan agar suhu mesin tidak melebihi suhu kerjanya, ketika suhu mulai terlalu dingin thermostat kembali menutup, begitu seterusnya sehingga membuat suhu mesin menjadi stabil.

Thermostat sebagai ‘kambing hitam’

Sering terdengar kasus overheating yang diakibatkan oleh sistem pendingin, atau kasus mesin yang selalu dalam kondisi panas.
Dari kasus-kasus tersebut tidak sedikit bengkel yang menyarankan untuk mencabut thermostat karena dianggap sebagai biang keladinya. Ada pula bengkel yang menyarankan agar mengganti dengan thermostat bersuhu kerja lebih rendah dari standarnya dengan alasan iklim Indonesia yang cukup panas (tropis).

Mencabut thermostat adalah tindakan yang salah, karena mesin akan cukup lama mencapai suhu kerjanya, bahkan tidak pernah mencapai suhu kerja yang ideal. Suhu mesin pun menjadi tidak stabil, ketika sedang menuruni bukit atau kecepatan tinggi suhu mesin akan menjadi sangat dingin.
Mengganti thermostat bersuhu kerja lebih rendah dari yang disarankan pabrik juga membuat mesin bekerja dibawah suhu kerja ideal.

Air to Fuel Ratio ( AFR )

Pada kondisi dingin, mesin memerlukan lebih banyak bensin (AFR kaya) dan putaran mesin perlu dibuat lebih tinggi agar dapat bekerja dengan baik dan tidak berguncang (coldstall).
Ketika mesin mencapai suhu kerja ideal AFR kembali dibuat mendekati ideal (AFR = 14,7).

Mesin yang masih menggunakan karburator, proses pengaturan AFR dilakukan melalui Choke maupun Choke otomatis yang menggunakan vacuum solenoid dan temperature vacuum valve.
Pada mesin injeksi, pengaturan AFR dilakukan oleh ECU (Engine Control Unit – komputer pengatur mesin) berdasarkan referensi sensor suhu air di blok mesin (Coolant Temperature Sensor) untuk kemudian ECU mengatur putaran mesin dan debit bensin yang disemprotkan injektor.

nah , jimkat anda termasuk jenis yang mana dari tabel dibawah ini :

sebagai sedikit acuan , suhu operasional mesin bensin scara ideal beroperasi pada suhu 93 derajat Celcius, jadi kira2 thermostat yang dipasang harus disuhu berapa ya ?

ini grafik koreksi AFR oleh Ecu ( jimkat sptnya lebih tradisionil , kaga ada Ecu-nya, sekedar nyala ude sukur😀 hehehehehe , ambil prinsipnya saja )

Note : disadur dari Shaft7.com

okeh setelah proses panjang teori yang melelahkan kita lanjut ke cara bongkar pasang😛

Bahan :

  1. Thermostat baru ( Harga +/- Rp.135rebuan , asli SGP).
  2. Es kelapa Muda , jangan pake gula jawa , langsung dari batoknya.
  3. Obeng Plus dan Minus
  4. Kunci pas / Shock ukuran 14.
  5. Silikon Sealant , disarankan pake Autobond warna abu2 , ditahun 1998 masi Rp.30rebuan.😛

Langkah Pengerjaan :

20130512_165133

  1. Berdoa pada yang maha kuasa, tutup alternator jimkat memakai kantong plastik dengan warna favourite anda, yang besar (jangan pelit ), boleh tunggu mesin Jimkat anda dingin dan kendorkan 2 baut 14 dari rumah Termostat sampai lepas.20130512_165048
  2. Kendurkan Pengikat Selang Radiator dengan obeng minus dan tarik pelan pelan sampai lepas , hati2 karena biasanya bagian yg menempel disitu sudah ringkih dimakan usia.20130512_165102
  3. Buang air radiator yang berlebih, bersihkan sisa paking yang ada dengan Kape , atau Silet , boleh pakai amplas waterproof 800, cuci yang bersih dan hilangkan bekas oli dan lem sebelumnya , jemur sampai kering.20130512_16552220130512_165706
  4. Pasang Termostat baru dan paking pada tempatnya , jangan terbalik.20130512_170532
  5. Pasang rumah termostat seperti semual dan tambahkan silikon sealant pada ujung pipa yang akan dipasangkan dengan selang radiator.
  6. Pasang Selang Radiator seperti semula dan tambahkan air radiator.
  7. Habiskan Es kelapa nya dan nyalakan mesin untuk melihat apakah semuanya berfungsi normal. Buka tutup radiator dan panaskan mesin , lihat temperatur pd dashboard. saat Termostat belum terbuka , biasanya air radiator akan terkumpul pd bagian atas sampai tumpah , bila termostat bekerja , air radiator akan turun sendiri dan terlihat aliran air panas dengan uapnya didalam radiator.
  8. Test Drive , lihat apakah ada gejala overheat.

Note : Kebetulan saya menggunakan Electric Engine Fan dengan Thermoswitch pada selang dibagian atas  radiator , sehingga bila Thermostat terbuka dan air radiator yang panas mengalir  , EF langsung Bekerja .😛

Selamat mencoba dan GBU







31 thoughts on “Pasang Water Thermostat pada Jimny / Katana

  1. gan pake dinamo amperenya pake mobil apa gan ? saya kok maksimalnya cuman 13 V padahal dinamo ampere baru..pake dinamo amperenya mitsubishi colt t 120ss

    • akinya std kan bozz ? , kalo dinamo ampere agan outputnya diatas 60Ah mestinya sudah aman buat keperluan harian, asal kaga pake bohlam 100watt di lampu utama mestinya kaga tekor , coba cek di tk dinamo ampere gan , outputnya bener nda itu

  2. bos jimny yg baik…bisa di lebih jelaskan lagi bgmn klw thermo itu sdh terpasang dan bekerja dg baik..ciri2nya yg lbh spesifik gt…maaf bos ana masih baru dan g pernah utak atik mesin…takut salah…hehehehe…semoga tambah sukses boss

    • thermostat standard suzuki atau thermoswitch tambahan untuk menyalakan extrafan karimun ?

      “nyalakan mesin untuk melihat apakah semuanya berfungsi normal. Buka tutup radiator dan panaskan mesin , lihat temperatur pd dashboard. saat Termostat belum terbuka , biasanya air radiator akan terkumpul pd bagian atas sampai tumpah , bila termostat bekerja , air radiator akan turun sendiri dan terlihat aliran air panas dengan uapnya didalam radiator.”

  3. salam kenal boss.ane pake jimny 93. tapi sering overheat.kira2 bagusnya gmn n bawa k bngkel mana ya?posisi ane d bdg boss.tuh jimny baru 2thn ane pake,eks mertua dari baru.jadi smua msh orsinilan.ga pernah dioprek2,minta rekomendasinya bengkel d bdg yg bagus,murah n terpercaya,thanks ya boss.

    • overheat list :
      -ganti puli waterpump yg lebih kecil punya carry
      -kipas mesin std diganti kipas visco vitara
      -pasang kipas EF karimun tepat di belakang grill depan.
      -servis ac dan kompresor
      -stel klep dan servis karbu

      kalo tidak ada bengkel yg bisa dipercaya , lebih baik dikerjakan sendiri

    • Pengalaman saya pake jimny 93 yg temp.yg suka overheating..
      Thermostart ganti baru sesusai standard pabrik, fan diganti yg 7 daun, terus pulley dibelakang fan diganti dgn ukuran yg lebih kecil.
      Sampai sekarang temperatur tetap stabil (hampir 1 tahun), baik di jalan toll maupun kondisi macet. Jangan lupa radiator juga di service.
      Semoga bermanfaat. (Semua pekerjaan dilakukan sendiri, kecuali radiator).

  4. Oom jimny…klw timing belt katana putus bikin klep bengkok apa g? soalnya klw L 300 ane pernah putus g sampai kesitu..lantas pas ganti timing itu apalagi yg sebaiknya diganti..mumpung udah dibongkar..:D

  5. OM jimny salam kenal ,mobil saya katana th 90 waktu macet indikator tempratur langsung naik persis dibawah tanda merah,alhamdulillah ga mati mesin,tapi skrng indikator tempraturnya ko ga fungsi knp ya gan,??

    • mesin dan radiator katana itu kuat sekali , saya dulu sering sampai ke indikator merah , tapi yg dialami cuma gejala missfire pada platina. nah kalau indikator tdk fungsi coba cek jalur kabel ke thermostat di bawah header knalpot, mungkin terlepas , itu biasa kok , hehehehehehehee

    • coba beli puli alternator punya suzuki carry ,

        Rp.50.000; itu lebih kecil dr punya katana, kalau ac tidak dinyalakan , bisa bantu pendinginan mesin sampai dibawah stengah indikator
  6. Hubungan sama gambar car clock temperatur voltage indicator nya dimana om? Apakah sensor outdoor nya (yang pake kabel panjang) dihubungkan dengan output thermostat, sehingga terbaca sebagai suhu out di layar nya?
    Saya sudah pasang juga soalnya, tapi hanya untuk lihat jam, tegangan aki, temperatur kabin dan temperatur luar.

    • Kallo yg bisa buat baca temperatur mesin ujung sensornya dr logam sehingga bisa dipasang bersentuhan dgn mesin. Dulu tangomotor yg jual.

      Kalo yg punya saya cuma aseso aja boss
      hehehehehe

  7. Om, mo tanya tentang puly, yg diganti lbh kecil itu puly kipas mesin pa alternator? Barangnya seperti apa y? Lebih Kecil punya karimun atau carry? Dibahas cara bongkar pasangny dunk.. trims.. hehe

    • belum pernah pakai punya karimun , biasanya punya carry , yg diganti itu puli kipas mesin yang jadi satu dengan waterpump , spy putaran kipas per detiknya jadi lebih kenceng .😀😀😀.

      bongkar pasangnya lebih baik percayakan dengan mekanik , sekaligus ngecek timing belt nya masih bagus atau tdk

    • Lam kenal gan.

      Timing belt tdk perlu ganti tapi ada kemungkinan belt alternator hra ganti yg lebih pendek apabila yg lama sdh mulur. Memang ada baiknya sekalian diganti saja semua beltnya . Karena semuanya kan akan dilepas ketika pemasangan puli kecil. Hehehehehe.

      Pada prinsipnya ganti seperlunya saja

      • MANTAP…….betul…..pasang pulley carry diameter lebih kecil dari bawaan Jimkat…meski gak memakai kipas elektrik (karimun /mitsuba) tetap andalkan kipas mesin standart tetep dingin koq…yg penting waterpump normal lho…

  8. Selamat Siang boss
    Mau tanya untuk Edeal suhu mesin kan 93 derajat ya? terus biasanya pada indicator suhu di spedometer itu idealnya apa sampai setengah ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s