Pasang Ban Besar

Pasang Ban Besar

Pasang Ban Besar pada Jimkat anda , apa saja yang dibutuhkan ?, mari kita coba buat listnya sesuai keinginan.

pertama coba masukkan ukuran ban yang anda inginkan ke situs Tire Calculator ini :

Tire Calculators

Misalnya anda ingin tau ban anda yang berukuran 235/70 R15 itu bisa dikonversi ke ban dengan ukuran berapa , sehingga bacaan Spedometer anda tidak meleset. Maka setelah proses penghitungan akan kluar data ukuran ban yang setara dengan ban anda tadi :

Suggested Tire Sizes
215/75R15 = 27.7×8.5R15
325/50R15 = 27.8×12.8R15
225/75R15 = 28.3×8.9R15
235/70R15 = 28×9.3R15
255/65R15 = 28.1x10R15
275/60R15 = 28×10.8R15
205/75R15 = 27.1×8.1R15
225/70R15 = 27.4×8.9R15
255/60R15 = 27x10R15
235/75R15 = 28.9×9.3R15

Demikian pula apabila mau oversize ban anda misalnya dari ukuran 205/70 R15 ke ukuran ban 30. Coba anda liat situs ini :

Offroad Calculators

setelah menentukan ban apa yang akan anda beli tentunya anda akan coba pasang pada roda anda, dan terkadang ketika berbelok , ban depan anda akan menggesek dudukan bumper depan , ini yang harus dilakukan untuk antisipasinya.

1.Majukan posisi bemper

katanabumper01

katanabumper02

Bisa dilakukan dengan memindah posisi lubang baut maupun memotong dan membuat ulang dudukan bemper agar lebih kedepan posisinya.

puspitabatikbumper

IMG-20120621-04903

Kemudian, apabila posisi ban dengan fender jimkat anda terlalu sempit sehingga apabila melewati jalan berlubang jadi ‘mentogh’ , coba bawa mobil anda ke tukang Roll Per Daun, kalo tidak salah biayanya 40 rb per Roda, sekalian cek kondisi per anda .

Jangan Lupa bawa Cat Semprot , jadi saat per daun anda dibongkar dan dibersihkan , sekalian perdaun anda di cat ulang dan kasi tips ke montir anda , hehehehe 😀

pengecekan kondisi per daun , terutama bagi mobil jadul sangat penting, guna mengantisipasi kemungkinan per daun anda suda ada yang patah, retak maupun getas.

Kemudian , apabila masi kurang puas dengan tinggi jimny/ katana anda , anda bisa membeli per daun yang lebih panjang ( milik Jimny bagian belakang , per no.1 ), buatan indospring Jawa Timur misalnya , per daun tersebut bisa membuat posisi jimny anda agak naik sedikit dan lebih ’empugh’ bantingannya .

Anting Per

Selain itu juga dengan melakukan penggantian anting per / Shackle , ukurannya banyak dari 10cm, 13cm s.d 15cm, bahan, ketebalan dan finishing juga mempengaruhi harganya.

Tapi perlu diingat bahwa dengan menambah tinggi bodi mobil anda, maka distribusi bobot anda akan berpindah sehingga anda akan sedikit limbung ketika masuk ke tikungan.

sebagai tambahan ini tabel penggantian ban dan koreksi kecepatan :

Tabel Faktor Koreksi Ukuran Ban

Tabel Faktor Koreksi Ukuran Ban( thx to Tukcen )

Contoh dokumentasi :

Ban Ukuran 235-70 + roll per standard

Ban Ukuran 235-70 + roll per standard + Potong dudukan Bemper bagian bawah

Ban 235/70-R15

Ban 235/70-R15 + Roll per + Majuin bemper

Ban Jeep Service 7.00x R15

Ban Jeep Service 7.00x R15 + Roll Per + Shock Mitsu Kuda + Bumper standard

Advertisements

187 thoughts on “Pasang Ban Besar

  1. mau tannya brad….saya punya katana long BRI ,ban EG 750 x15 shock dpn kayaba ultra punya taft dan belakan shock kijang oli.tp yang depan berasa keras banget yaaah …di peruntukan sih lebih banyak untuk harian…
    pertanyaannya…..
    1. apakah memang shock gas itu keras…?
    2. untuk shock depan selain taft…shock apa lagi yg bisa di aplikasikan ke katana ( PAHE ) ?
    3. untuk tekanan angin ban 20…tp berasa keras banget….?

  2. Om sebetulnya tinggi katana yg ideal ga limbung tp msh keliatan tinggi itu berapa jari rapet tangan dewasa jarak antara fender ke permukaan ban atas?!
    Makasih om, sowry klo kepo tanya mulu hehehe,

    Salam 🙂

  3. Katana 94 standar sy mau ganti ban model mt, velg msh kaleng r15. Ban apa yg cocok biar tdk merubah apa apa. Yg penting ban model catok walaupun kecil. Oya bengkel rekomendasi perbaiki power stering di bali dimana ya om. Karna kadang berat, kadang ringan powersteringnya. Makasi

  4. om rockerss07, numpang nanya lagi…
    Untuk ban 235/70 AT, Final Gear yang ideal berapa ya,om? Mohon pencerahannya berikut plus-minusnya ya,om…
    (Sekedar info: mesin abis swap ke K6A matic)

    Terimakasih atas pencerahannya.. Salam.. 🙂

    • wah ganti mesin ya , kalau utk pemakaian dalem kota sih 9:37 sdh ok , tapi kalo mau speed offroad sptnya butuh tarikan yg mantab , dicoba saja pakai 9:43 , saran saya sih dicoba dulu dengan ban yg ada sekarang , kalau sdh dirasa cukup , baru mainan ganti ban 30 atau 235/70, selamat mencoba…

  5. om katana 95 saya mau ganti ban. sekarang pake ban 205/70. kira-kira pake ban ukuran berapa yah yang cocok? tapi ga usah ngerubah kaki-kaki ama bemper.

  6. Sore om,

    Sya baru aja ganti ban jeep serviçe 700, kl tambah anting tanpa nge roll per gimana om? Oh ya si “jenggo” suka malu2 pas nanjak kenapa tuh om? Makasih ilmunya

  7. Sore om,
    Saya baru ganti jeep service 700 kl cm tambah anting tanpa ngeroll gimana? Trus kl si “jenggo” suka malu2 pas nanjak kira2 kenapa ya om?
    Makasih ilmunya om

  8. Malam om,
    Saya baru aja ganti ban jeep service 700, apakah selain menggeser bumper, cukup dengan menambah anting tanpa meroll per? Oh ya, mengapa si “jenggo” suka malu2 kalo di tanjakan om?
    Makasih ilmunya om

  9. Katana std 205/70 R15 … mau dibikin empuk apabila ganti per 1 belakang semisal diganti dgb futura apakah ada yang perlu diganti/disesuaikan misal penambahan anting, shock diganti… mohon pencerahannya. tks

    • setau saya kalau memang ada dana lebih lebih baik bli satu set per daun katana depan , yg merk indospring sekitar 800rb , kalo blum naik harganya , akan lebih murah drpd experimen per daunnya …
      kalo mau experimen boleh saja , per nomor satu depan diganti per nomor satu belakang , mesti bor lobang lagi , dan per nomor satu belakang diganti punya futura. …

      baiknya konsul dulu sama yang punya bengkel per ya

  10. Pagi gan mau tanya tanya lagi nih kebetulan gerobak sy jimny rocky long 90 dan berencana mau dandan ganti ban extra grip 750-15 velg ori katana bemper depan sdh maju, anting sdh tinggi, dan shock depan mau pake punya inova gas atau suzuki x4 dan belakang pake punya pajero gas, dan kedepan berencana pasang 4×4 fg 943 kira kira bagaimana gan mohon penecerahannya, apa rencana sy tersebut sdh pas atau hrs ada yg dikoreksi ? tks gan

  11. supaya tidak salah bli shock berkali2 , lebih baik konsul dulu sama toko spesialis shock misalnya di atrium senen , nanti akan ditunjukan shock yg bisa dipakai dan bisa request ke-empug kan nnya spt apa…, kalo niatnya sdh mau main lumpur , pasti akan dikasih shock yg beda dari jimny yg biasa ngebud di toll…

    jangan lupa minta shock yg panjang dan usahakan dpt tabung yg diameternya agak lebar spt punya bilstein …

    btw kalo mau cari shock bekas kompetisi , silahkan main ke tumplek blek atau pasar jongkok senayan , harganya miring…

  12. Om kalau pake ban mt235 75 r15 saya udah gante pelek yang lebare 8 inci sama bamper udah diganti arb. Misal banya pake mt 235 75pake anting standar bisa ga tanpa ngerol per, terus bane sapa peleke masuk proposional ga om? Tq

    • wah pake 235 /75 dan velg 8″ bakal ganteng banget tuh mobil, tapi berdasar pengalaman ,saat belok, ban depan bakal kena pipa besi dudukan bemper depan, hehehehe , kalau tidak ganti anting per 12 cm dan kondisi per daun masih ok , moga2 nda mentok, hehehehe

      • Iya om, ini Katana saya pake Savero MT 235/75/15 standart kalo belok ban kena pipa besi dudukan bemper depan. Kalo saya tambahin spacer kira-kira gimana om? Atau ada saran lain om…

      • Boleh pakai spacer 2.5cm atau roll ulang per daun atau ganti per daun dengan yang lebih panjang dan pindah lubang dudukan as roda. Pilih yg paling murah dulu.

    • BSD Autoparts , deret belakang ada ari suzuki untuk kabel body dan asesoris offroad yg serius (harus bandingin harga dgn tempat lain) , atau Autogarage BSD untuk modifikasi mesin dan kaki2 ( eks mekanik bmw dan mercy, murah meriah, letaknya bisa liat di google maps)

  13. maaf… sy mau nanya2 nich… sy baru saja ambil suzuki caribian, bekas tambang di kalsel… pengen cat ulang sekalian mengangkat karat/keropos, ganti matik dan ubah suspensi menjadi per keong (independen – gak pake per daun lg)… ada rekomendasi bengkel manakah yg bagus dan dekat dr tempat tinggal sy… sy tinggal di daerah bambu apus… tks sebelumnya

  14. mau tanya
    katana 90
    sy baru pakai ban mt 235/75/r15
    shock kayaba ultra for katana
    peninggi anting2 10cm
    yg sy tanyakan : kenapa ban depan sy mentok per daun pd saat berbelok maksimal
    apa solusinya utk yg hal ini
    mksih sblmya…

  15. Salam kenal bro.
    Mau nanya nih soal shockbreaker untuk katana, kondisi skrg pake ban 30, per semua sudah diroll, depan pakai anting, blkng msh standar karna takut limbung. Nah kondisinya Shock masih pakai yg sandart ni bos, enaknya pakai apa ya?terutama belakang msh kerasa bantingannya

  16. met sore om,saya pakai katana 2004 ,sdh 4×4 dan pakai final gear 841dgn kondisi kaki”,pelek dan ban standart semuanya..rencananya saya ingin ganti bannya saja dgn savero komodo 235/70 r15 mt ..tapi saya sdh cari kesemua agen ban gajah tunggal ban tersebut sdh gak ada.. yah terpaksa saya pakai savero komodo 235/75 r15 mt..terus yg ingin saya tanyakan apa saja yg harus saya ganti dan rubah agar mobil gak limbung dan mentok tapi tetap gagah dan profosional..mohon penjelasannya ya om terima kasih

    • Kalo dapetnya 235/75 dengan per daun standar ‘ sebaiknya segera roll per anda dan pindahkan posisi dudukan bemper depan, jangan lupa panjangkan dudukan stabilizer depan, di perempatan bungur pada lampu merah ada satu tk servis per dan shockbreaker yg ngerti.

      Awas jgn sampe salah tukang , ntar berabe

  17. Mau tanya donk suhu, jimny saya standard udah dapet ban uk. 750 R.15 kira2 pakai per daun yang cocok untuk depan dan belakang yang budget std pakai apa yaa??? Sama shock yang recomended buat bagian depan belakang yang murmer apa yaa om…abis dananya pakai dana dapur hihihiii… makasih admin

    • Wah hebat sudah dpt jimny dengan ban besar , selamat menikmati fitur kekinian dr jimny anda.

      Nah dikarenakan sdh diinfokan kalau projek ini menggunakan dana dapur , yang pertama harus dilakukan adalah mengecek kaki2.
      Karena sdh pakai ban besar sejak dibeli , ini list yg hrs dicek.

      1.cek bearing roda depan dan belakang.
      2.cek as roda depan dan belakang, namanya mobil tua , harap perhatikan bahwa kondisi logam as roda , terutama belakang , tdk sehebat dulu. Cek ada retak atau tidak pada as roda belakang , jgn sampai patah dijalan.
      3. Bila no 1 dan 2 aman , bisa ketukang per daun di perempatan bungur , minta diset spt katana saya. Per no.1 blk pindah ke depan , per belakang diganti punya kijang.
      4. Shock disarankan kayaba gas yg panjang utk roda depan dan kayaba oli utk roda belakang.
      5. Anting per daun depan belakang ganti yg lebih panjang bila perlu, 10 sd 12 cm

      Kalau dana dapur masih lebih mending dimanfaatkan utk cek alternator dan ganti aki baru. Hehehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s