Bocor di kabin Katana saat Musim Hujan ?

Selamat siang brow and sista ,
Setelah dihantam Hujan badai kemarin malam plus macet total dan banjir di Jakarta, baru terpikir, kenapa saya belum juga menulis mengenai bocor pada kabin Jimny dan Katana ya ? , apalagi setelah googling sebentar , ternyata banyak permasalahan yang sama dialami sahabat pengguna Jimny / katana.  Hari saya coba menulis sedikit pengalaman mengenai bocor dan tips & trick penanggulangannya.

Baiklah ada tempat kebocoran yang biasanya terjadi pada Jimny/ Katana , diantaranya adalah pada :

1. Karet Kaca Depan.

  • Indikator : saat Hujan deras , pada bagian kabin ,ada air mengalir dari sudut kaca bagian bawah , pada pojok kiri atau kanan.
  • Solusi :  – Ganti karet kaca baru seharga Rp. 80.000,-  ( ori SGP ) , atau
    – dibersihkan dan ditambahkan lapisan lem Silicon.

Tahapan kerja :

Pojok Kaca KatanaApabila langsung ganti karet kaca, akan lebih praktis , tapi pada saat pemasangan harus benar2 diperhatikan apakan semua kotoran suda dibersihkan sehingga karet kaca yang baru benar2 menempel erat tanpa celah , cari tukang kaca yang sabar dan pengalaman . kalau anda di jakarta , bisa mampir ke MoroSeneng di sebrang stasiun kereta pasar Senen, Jakarta Pusat.

Sedangkan apabila ingin membersihkan sendiri anda butuh lem silikon utk engine Gasket warna hitam dan  cukup dengan tusuk gigi, yg agak kuat (dari bahan bambu). Tusuk gigi bambu tersebut kita gunakan untuk mengeluarkan kotoran dari balik lis karet kaca. lakukan seperti pada gambar berikut :
apabila sudah dibersihkan , anda bisa menambah kan lem silicon gasket sealant warna hitam diantara karet kaca dan bodi mobil yang rapi.

2. Ventilasi udara.

tutup VentilasiApabila mobil anda suda cukup berumur biasanya ada rembesan air pada bagian ini, dan dapat terlihat dengan mudah dari bagian belakang dashboard, karena biasanya bagian dalamnya suda kropos dan berkarat😛   ,

lepaskan bagian itu menggunakan cutter atau tali untuk menjahit sepatu.                                                      lakukan dengan sangat hati2 , supaya cat di sekitarnya tidak rusak.

akan terlihat beberapa lubang ventilasi disitu , bersihkan dari kotoran dan gunakan lakban yang kuat untuk menutupnya , gunakan pola saling silang dalam penggunaan lakban agar kuat. kemudian siapkan tutup yang lama apabila belum kropos atau siapkan asesori tutup ventilasi seperti yang ada di gambar ini .

cukup gunakan double tape berkualitas baik untuk menempelkan tutup baru tersebut.
asesoris ini bisa anda dapatkan dari http://www.garasiaksesorisjimny.com/

3.Seal Wiper.

wiper

Apabila karet seal wiper suda getas , anda punya dua alternatif , beli complete set Wiper Link apabila wiper anda mulai ada slah maupun oblak, atau membeli seal kit nya saja , contohnya seperti ini :

Wiper linkwiper kit

 

 

 

 

kedua part ini bisa anda dapatkan di toko part Suzuki atau pesan ke http://jasukishop.blogspot.com

Untuk pemasangan part tersebut cukup membongkar dashboard dan melepas wiper link yang lama menggunakan kunci pas .😛

Selamat mencoba dan GBU !

 

 

 

 

7 thoughts on “Bocor di kabin Katana saat Musim Hujan ?

  1. nice info om. jimny saya sudah tak sealen kok tetap saja bocor ya ? bahkan kalau dicuci pun air pada masuk. sampe pusing nyari bocornya

    • minta anaknya untuk semprot air dari kaca depan bagian atas dan si oom ngolon liat bagian belakang dashboard sambil pakai senter , pasti nanti ketauan darimana airnya, hehehehe

  2. Om minta info tentang bunyi dibelakang mobil, setiap ada polisi tidur selalu bunyi, padahal karet2 kaki2 sudah diganti dan sebleker sudah diganti baru, biasanya apa ? Apakah mungkin rangka dan bodi mobil tdk nempel?

    • Apakah sdh coba cek ganti engsel pintu belakang dan cek pintu belakang miring atau tidak. Cek kursi belakang goyang pada dudukannya. Cek karet2 body belakang yg meredam rangka dan body mobil.

  3. Assalamualaikum… Bang, saya pemakai Suzuki Escudo XL 7, permasalahan saya sama dengan yang di atas… ketika hujan badai air sering masuk dan menggenangi bagian depan bawah setir di kanan dan kiri…mohon solusi….sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s