Memperbaiki oli masuk filter Udara Katana

Selang Breather Katana

tips memperbaiki oli mesin yang masuk filter udara by Bontong ( Kaskus Katana Sanctuary )

awalnya saya membuat oil catch tank ( penampung oli @red ) buat menangani masalah katana saya yang nyembur oli pada pipa hawa yang ke filter udara (gb. 17) karena setiap kali nanya ke bengkel jawabannya mesti sekitar ganti ring seher, ganti sil klep, sampe yang terparah mesti oversize dan ganti seher, waduh…. padahal lagi asyik-asyiknya mobil baru make masa mau masuk bengkel,…itung2 berat di ongkos, maklum belum jadi juragan,…

ahirnya 2minggu kemarin saya coba memberanikan diri membuka cilinder head dalam hati pengen melacak dari mana sebenarnya oli keluar

setelah berhasil cylinder head saya lepas ( cukup melepas 4 baut Cylinder Head aja kok @Red ),saya cuma punya satu tersangka, yaitu plate breader (gb.10) karena memang cuman itu yang nempel di dalem cilinder head, kemudian plate breader saya lepas dan ternyata gasket plate breadernya (gb. 11) sudah koyak semua termakan usia

karena gak mau pusing nyari gantinya saya buat ulang gasket plate breader pake kertas gasket yang gulungan ( beli di toko sparepart diesel gan ), kebetulan ada sisa, dibuat menyamai bentuk aslinya

saya rakit kembali plate breader dengan gasket baru buatan sendiri dan ternyata setelah mobil saya peke 2 mingguan oil catch nya jadi kering padahal dulu mesti rajin nuangin ke mesin

berikut ini Skema nya :

head_katana

Dokumentasi Foto dari Brow Sumiadi :

1009476_699809860034799_87314118_o
1073169_699809736701478_1311774445_o 1071674_699809770034808_1134495660_o

aa

30 thoughts on “Memperbaiki oli masuk filter Udara Katana

  1. BENGKEL ANJING…begitulah kira kira sebutan yg paling pas bagi semua bengkel yg para montirnya mengabdi kepada sang juragan, demi untuk mendapatkan penilaian baik dan untuk cari muka serta mendapatkan bonus dari sang majikan pemilik bengkel maka cecunguk montir ini sampai rela untuk menipu para pelanggan, saya salah satu pelanggan yg pernah tertipu oleh montir cecunguk di bengkel anjing sampai saya harus mengganti manifold yg harganya 2,7 juta karena menurut sang montir manifoldnya HARUS di ganti padahal manifold lama MASIH BAGUS, dan saya hampir tertipu dengan kejadian yg serupa dengan penulis yaitu oli masuk ke saringan udara, menurut sang montir ( di bengkel lain ) hal tsb di sebabkan karena boringnya udah oblak dan HARUS DI BORE UP, ini suatu keanjingan yg tiada taranya…maka dari itu mari kita waspada terhadap saran saran dari bengkel anjing semacam itu….

    • yg kedap kedip indikator gambar aki ? , coba cek ke tukang alternator , minta servis dinamo amperenya , dan kalau bisa ganti IC nya , kalau masih pakai dinamo ampere asli bawaaan , IC nya cuma kena harga 80rban ( imitasi )

  2. baguslah klo ada yang masih mau berbagi ilmu…jadi buat kita yang masih cetek ilmu otomotif bisa tau dikit2…terkadang bengkel ga jelas kurang ajar masang tarif…..

  3. numpang nanya dunk… awalnya pake platina jimkat ane th.97 setelah diganti cdi made in taiwan
    kenapa d lari 70 km/jam langsung ndut ndutan…nd hampir mati….???

    • CDI made in taiwan baru berapa minggu pakai ? ada kemungkinan cacat pabrik lho , kalo masi garansi , minta tukar saja , tapi ada kemungkinan lain , apakah sdh ganti koil dgn yg baru atau koil racing ?, gejala ndut2 an itu spt koilnya tdk beres, drpada habis banyak ganti ini itu , coba test dengan distributor platina yg lama dipasang lagi.

      saya sendiri pakai CDI bekasan mobil singapur dan bukan punya jimny yg di oprek tangomotor , sekarang sudah hampir 4 thn masi ok , namanya barang bekas ya untung2an ya , oh ya , saya pakai koil racing champion yg murahan,

  4. Mas salam kenal saya punya sj410 tahun 88 mau tanya apa masalah diplate breadernya bisa mengakibatkan keluar geragal pada kenalpot ketika di rpm tinggi apa saja gejala yang di akibatkan selain oli cepat berkurang? Makasih

    • hehehehee , kalo ada masalah di plate breather sptnya biangnya bukan disitu , tapi di afkirnya seal klep maupun ring piston , mungkin sering overheat juga bisa jadi tersangka penguapan oli jadi tinggi. wajar krn jimny sdh berusia lebih dr 20th , hehehehe, selama masih irit dan di busi blum ada bekas basah oli , sering2 ganti filter oli dan pakai oli yg sesuai , moga2 gejalanya berkurang…

  5. Alhamdulillah mantap… seminggu yg lalu aku udh nyoba saran & trik2 diatas… dan sampai detik ini Mr. oli nya ga bs tembus lagi ke saringa udara… terima kasih banyak Om atas infonya & ditunggu info2 yg lain… semoga sukses selalu… Amiinn…

  6. Mas,, kertas gasket plate breather yg baru cara pasangnya menggunakan lem atau tidak ya? Lalu sewaktu memasang kembali head cover enginenya pakai lem / silikon lg gak nih

  7. Boleh 2 lapis kertas gasketnya ndak mas? Maksudnya Kudu biar tebal & tahan lama lho..trus kalau karet head covernya masih bagus ndak usah pakai silikon ndak apa2kan mas,, nih yg saya paka TBA 0,8. Oiya mas..dah 2 hari saya rendam tu head cover dibensin + rinso + air = hasilnya ndak sekinclong punya mas rockerss07..hehe..so ni hari ketiga jd pasang aja dech.
    Rencana saya besok mau tune up karbulator + ganti oli biar hasilnya lebih Muannntappz..Benar ndak gitu mas. Thankz ya mas muaccch.
    Salam dari Banda Aceh.

    • 1.satu lapis aja cukup kok , kalo beli gasketnya di toko part suzuki harganya nda sampai 20rb.
      2.kalo karet head bagus tdk usah pakai silikon it’s ok !.
      3.head cover setelah direndem bersih , dipoles pakai obat poles yg nama nya langsol , warnanya ijo spt sabun batangan, belinya ditoko kimia, satu batang langsol cukup utk moles mesin 20 motor lho , hahahhahaha.

  8. Mas,,kl untuk katana agar minyak lebih hemat, saya harus pakai jarum minyak nomor 125 atau nomor 115 atau nomor 110 ya ?

    • jarum main jet 115 sudah pernah saya pakai , tarikan sip , tapi konsumsinya jadi 1:7 , berasa bawa jip hardtop😀😀😀
      saran saya cari jarum 108 di tukang karbu , biasanya dia ada stock , kalo cuma ngejar 1:10 aja sih bisa utk harian dgn speed 80 s.d 105 km /jam

  9. Sebulan yang lalu ‘sikukut’ saya pernah ngalamin gitu, saya bongkar dan bersihin sampe kinclong dan ganti gasket pake karton bekas dus sepatu, alhamdulillah sekarang lancar.
    Tulisan2nya semua sangat bermanfaat buat saya, kebetulan baru bbrapa bulan mencoba mengurus jimkat berusia beranjak dewasa ini, 22 tahun heheh.

    Saya sekarang lg nyari manualbooknya. Kalau ada mohon infonya ya🙂

  10. Maaf pak, saya punya mobil Suzuki Karimun kotak, dan masalah yg timbul sama kaya yg bapa alami, sering banyak oli di karburator krn masuk lewat hawa panas dr mesin, apakah masih sama penanganannya atau sdh beda

      • Om rockerss…kalo oli masuk filter ngaruh k tenaga yah? Soalnya jimny ane ky gtu tiap kali dah di bersihin olie sisa nya enteng, ane blm aplikasiin saran om di atas soalnya…

      • Kalo uap oli terlalu banyak masuk box filter. Filter tersumbat dan kotor . Jelaga oli juga lari ke karbu. Karbu yg tdk beraih tdk bisa memecah partikel bensin menjadi kabut yg bagus… . Karbu kotor = mesin susah nafas… tarikan jadi berat… hahahahaha

Leave a Reply

