Bikin AC Jimny dan Katana jadi dingin

https://myjimny.files.wordpress.com

Selamat pagi Brotha and Sista !

Untuk sharing utak atik Jimny dan Katana kali ini , saya ingin berbagi pengalaman hasil trial and error ( bikin boncos ) mengenai 2 teknik untuk membuat Kabin Katana / Jimny anda menjadi lebih dingin dari sebelumnya. Untuk kali ini saya akan membahas 2 teknik pemasangan Electric Engine Fan dengan merek berbeda yang bisa diterapkan pada Jimny kesayangan anda dengan biaya dibawah 1 jt.

Teknik yang digunakan kali ini adalah dengan cara meminimalisir radiasi panas dari mesin , radiator dan evaporator AC, dengan menggunakan electric engine fan sebagai tambahan. Sebagai target kita , indikator temperatur Mesin di mobil menjadi 1/4 atau kurang dari setengah apabila terkena macet total pada siang hari. Efeknya suhu di sekitar evaporator juga turun dan ac menjadi dingin.

Adapun dua teknik yang digunakan ini, menggunakan 2 tipe elektrik engine fan (EEF), yaitu :

  1. EEF Honda Mitsuba 2nd + thermostart 80 C .
  2. EEF Suzuki Karimun ( new +/- 800 Rb )

Sebelumnya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi :

  1. Mesin anda sehat , temperatur normal , hanya overheat saat berhenti macet.
  2. Masi ada kipas mekanik pada mesin.
  3. Radiator sehat ( GBU ).
  4. Ada AC-nya , dan berfungsi ( wajib , kudu ).
  5. punya Teh botol, usahakan yang dingin.

apabila semua kelengkapan diatas suda terpenuhi , mari kita masuk ke langkah pertama dengan menggunakan EEF Honda Mitsuba.

#1.Pemasangan Electric Fan Mitsuba pada Jimny / Katana.

1. bongkar semua selang radiator , lepaskan radiator dari dudukan nya.

https://myjimny.wordpress.com

2. Bongkar kipas mekanik menggunakan kunci pas 10, simpan 4 bautnya.

https://myjimny.wordpress.com

3.Sesuaikan posisi EEF dengan dimensi Radiator , buatkan bracket yang kuat dan tutup sisi samping yang bercelah dengan busa atau karet balon yang rapi.
https://myjimny.wordpress.com

4. Pasang kembali Radiator dan EEF ketempatnya , koneksikan kabel (+) antara relay aki dan EEF , kemudian kabel (-) antara EEF , Thermostart dan Ground ( bodi ).

https://myjimny.wordpress.com

Setelah semuanya terpasang rapi , cek apakah ada kebocoran air radiator dan nyalakan mesin Jimny anda , tunggu beberapa saat sampai mesin mencapai suhu 80 Celsius dan perhatikan apakah EEF bisa menyala dengan baik. 😀

Note : semua bahan kerja diatas bisa didapatkan di Tangomotor.com

Review :

Mesin dan alternator punya 2 beban Electric Fan yang harus ditanggung , pastikan Dinamo ampere anda masi bagus pengisiannya pada 12.5 s.d 14 volt. pasang amperemeter atau voltmeter agar bisa dipantau. 🙂

#2.Pemasangan Electric Fan Karimun pada Jimny / Katana.

Berikut ini tahapan pemasangan EEF karimun pada Jimny dan Katana :

1. Lepaskan extrafan AC dari Evaporator Jimny anda.

https://myjimny.files.wordpress.com

2.Ambil kipas karimun baru dan buatkan bracket yang sesuai dengan dudukan Evaporator AC , sesuaikan lubang bautnya , bor bila perlu, pasang dibelakang Grill Jimny.

https://myjimny.files.wordpress.com3.

3. Koneksikan kabel power EEF Karimun pada speed kedua, (+) dari aki melalui relay 4 kaki , dan (-) melalui ground ( bodi ). Karena ada dual speed , bisa juga speed ke-2 yang lebih kencang dikombinasikan dengan thermostart air radiator dan speed ke-1 yang lebih kecil RPM-nya dikombinasikan dengan jalur Extrafan AC yang sudah ada.

https://myjimny.files.wordpress.com4. Pemasangan Selesai , minum teh botolnya serta nyalakan mesin dan AC untuk mencoba.

https://myjimny.files.wordpress.com

note : teknik ini suda dicoba brow Whytilpg pada bmw , nissan terrano, serta Katana, dan semua nya berhasil dengan memuaskan. 😀

Review :
Keuntungan dari teknik kedua ini ialah ketika EEF Karimun gagal hidup krn ada kerusakan, masi ada kipas mekanik yang bekerja untuk mendinginkan radiator dan  mesin, serta angin yang dihasilkan AC Jimny anda menjadi jauh lebih dingin dari sebelumnya. beban pada alternator juga sedikit karena mesin hanya menanggung 1 unit EEF.

Saran :

Pilih yang murah dan sesuai kebutuhan , apalagi kalo isi dompetnya cekak seperti saya 😀

Advertisements

188 thoughts on “Bikin AC Jimny dan Katana jadi dingin

  1. Kalau pake eef karimun apakah perlu ganti alternator & accu nya om ?
    Soalnya ane browsing smua ny suruh pada di ganti
    Kalau di ganti, pkai punya apa yg recomended
    Mohon pencerahan nya

    • Kalau kondisi alternator bawaan sudah tdk maksimal. Dicoba servis dulu biar maksimal. Ganti ic regulator dan resistor. Minimal ketika kipas karimun dan ac dinyalakan . Voltase aki harus 14volt pada rpm diatas 2000. Apabila harus ganti. Bisa beli alternator karimun baru atau alternator 70 ampere copotan kijang kapsul atau mitsu kuda. Kira2 abis 500rb kalau bli bekas dan sdh rekondisi sekaligus pasang.

  2. hai,om rockss.ijin nanya lagi.mohon saran/masukan/petunjuk cara setting karburator dan idle up ac jimkat.kalo sudah pernah diulas,mohon petunjuknya diartikel mana pernah diulas.mathurtengkyu

  3. Om rockerss07…mau tanya jga nih…
    Untuk wiring EF karimun dual speed…speed 1 (rendah) d sambung ke ac (lewat kabel yg ke kompresor)…sedangkan speed 2 dsambungkan ke thermoswicth (atau bs saklar manual klo blum ada dana buat beli t/s)…
    Nah,yg masih sya bingung…klo mau mengaktivkan ke2 kecepatan tsb,berarti butuh 2 relay ya…? (Speed 1 d raley ke ac dan speed 2 d relay sendiri ke t/s atau saklar manual?
    Klo misalnya,ketika kita nyalakan ac berarti speed 1 yg muter…jika suatu saat speed 2 ikut berputar karena perintah t/s…berarti disini speed 2 menggantikan speed 1 atau ke2 speed tersebut ikut berputar bersamaan…?
    Analogi sya ke2 speed berputar bersama (mgkin nant berimbas ke konsumsi daya accu)..? Bener kaya gitu ga ya om..?

    Sekian om,maaf klo pertanyaannya muter2 kya EF…hehehe..maklum pemula…
    Trims sebelumnya,..buat solusinya om..

    • Speed satu pakai relay ke jalur on off kompresor ac didepan . Speed 2 di larikan ke relay yg dipicu thermoswitch pada jalur pipa air radiator bagian atas. Spertinya fotonya ada kok di blog . Hehehehe

      • Berarti butuh 2 relay ya om…?
        Klo misal speed 2 yg mutar (pas pake ac jga),nanti yg speed 1 otomatis mati/tergantikan sama speed 2 gtu ya…?
        Lgi belajar masang sendiri nih…eh,pas mau rangkai malah bingung…hehehe…
        Trims jawabany om…

  4. Mas maaf untuk masong Extrafan di belakang Grill (ganti fan AC)
    ko susah ya GA MASUK.. apa harus buka bemper juga ya mas? masuk lewat bawah..

    Thanks…
    ditunggu jawabannya

    • masuk lewat depat memang tdk muat , kipas karimun set hrs dimasukkan dari sisi bawah , kalau bemper depan mengganggu , sebaiknya dicopot dulu, btw ada dua tiang di belakang grill juga sebaiknya dicopot sebentar. pelat besi dari shroud kipas karimun yg mengganggu sebaiknya digerinda potong saja…

  5. klo pasang kabel Electrik Fan nya karimun ke soket nya Fan ac nya aj bsa gk y ? jadi cuma ganti soket nya biar nyambung aj ikut yg kabel bawa an.

    • Bisa . Tapi dikawatirkan kabel yg lama sdh lapuk atau hampir putus . Jadi tetap sebaiknya jalur kabel lama diarahkan untuk nyala mati relay saja. Murah kok bikin relay sendiri yg bagus plus kabel dan sikring tdk sampai 100 rb

  6. Sya sudah menerapkan ini d katana saya. Prinsip sama cuma beda pemasangan. Klo saya radiator d mundurkan k arah kipas direct kmudian kipas kondensor d ambil dan posisi kondensor d majukan k depan. Setelah itu d tengah2 antara radiator dan kondensor pasang EFF karimun. Dan alhasil suhu mnjadi dingin meskipun macet2.an. Dan sebener.nx cara sperti ini tidak d benarkan karena mesin butuh suhu panas jg….. CMIIW

    • Punya mas katy tahun brapa?
      Punya saya udah ada bawaannya ac
      Mau niru triknya mas
      Kira2 kl dimajuin kondensornya mentok ga ya ma selang2 ac+selang power stering?
      Itu listriknya ngambil dr listrik extra fan ac ato ttp pake relay sendiri?
      Makasie advicenya

      • Katana saya tahun 92. Saya slalu menyarankan modif yg murah dan seperlunya saja. Kalau memindahkan kondensor terlalu byk biaya. Kalau sampai patah pipa ac nya berabe. Hrs tambah oli kompresor. Serpis ac . Vakum ulang dsb. Tambah kipas karimun 2 speed didepan kondensor sdh cukup. Speed satu nyala bersama thermoswitch. Speed kedua . Nyala bersama ac on. Kduanya wajib kudu pakai relay. Arus besar utk kipas tarik dr aki. On off ac buat nyalakan relay saja. Heheheehe

  7. Salam pengguna katana
    Saya baru pake katana mulai desember 16 kemarin
    Baru tahu kl prmasalahn klasiknya adalah demam pas ac nyala,,
    Radiator udh tak bersihkan msh panas,,
    Ac sudah servis total ganti filter ma freon,,
    Kmrn ganti pulley waterpump yg kecil udh mendingan,,
    Macet2 siang indikator cuman 1/4,,
    Skrng mau ganti fan bawaan daun 5 dengan fan daun 6 milik st100
    Apakah berpengaruh ke suhu mesin??
    Apa bs lebih turun lagi
    Terima kasih

    • selamat sudah bisa mengatasi masalah panas pada katana anda , by teori memang benar penambahan bilah fan bisa menambah volume udara ke arah mesin atau radiator , namun saya sarankan beli bilah kipas escudo atau karimun saja supaya modikasi nya tdk terlalu banyak. hehehehe

      • mas katy saya kalo berhentinya lama misal setengah jam dan kondisi luar terik temperatur sampai setengah trus mesin ndut2an, ac jadi hangat dan mati, tapi kalo jalan lagi udah normal mesinnya ac dingin lagi
        untuk mengatasinya apakah cukup ganti kipas visco punya vitara 1 set atau langsung ke EF karimun ya??
        terima kasih

      • supaya murah, langsung tambah ef karimun saja di belakang bemper, tapi kalo ada uang lebih , boleh rubah ke visco fan, butuh waktu utk bikin adapternya di tukang bubut

  8. Mau Tanya Om, Kalo mau pasang filter kabin AC bwt suzuki katana pakai punya mobil apa ya . . . dan pasangnya bgmn

    • naaah kalo filter kabin buat katana ini agak repot , karena kalau airboxnya pakai merk sanden , lubang hisapnya ada di kanan kiri dekat kaki, otomatis harus cari cara supaya filter bisa di pasang di sisi luar airbox, sementara bila airbox pakai mesin nippondenso , hanya ada satu lubang hisap CMIIW . Saran terbaik dan termurah dari saya adalah bawa katananya ke tukang ac utk lihat apakah bisa dipasangi air filter ac di airboxnya , hehehehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s