Bikin AC Jimny dan Katana jadi dingin

https://myjimny.files.wordpress.com

Selamat pagi Brotha and Sista !

Untuk sharing utak atik Jimny dan Katana kali ini , saya ingin berbagi pengalaman hasil trial and error ( bikin boncos ) mengenai 2 teknik untuk membuat Kabin Katana / Jimny anda menjadi lebih dingin dari sebelumnya. Untuk kali ini saya akan membahas 2 teknik pemasangan Electric Engine Fan dengan merek berbeda yang bisa diterapkan pada Jimny kesayangan anda dengan biaya dibawah 1 jt.

Teknik yang digunakan kali ini adalah dengan cara meminimalisir radiasi panas dari mesin , radiator dan evaporator AC, dengan menggunakan electric engine fan sebagai tambahan. Sebagai target kita , indikator temperatur Mesin di mobil menjadi 1/4 atau kurang dari setengah apabila terkena macet total pada siang hari. Efeknya suhu di sekitar evaporator juga turun dan ac menjadi dingin.

Adapun dua teknik yang digunakan ini, menggunakan 2 tipe elektrik engine fan (EEF), yaitu :

  1. EEF Honda Mitsuba 2nd + thermostart 80 C .
  2. EEF Suzuki Karimun ( new +/- 800 Rb )

Sebelumnya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi :

  1. Mesin anda sehat , temperatur normal , hanya overheat saat berhenti macet.
  2. Masi ada kipas mekanik pada mesin.
  3. Radiator sehat ( GBU ).
  4. Ada AC-nya , dan berfungsi ( wajib , kudu ).
  5. punya Teh botol, usahakan yang dingin.

apabila semua kelengkapan diatas suda terpenuhi , mari kita masuk ke langkah pertama dengan menggunakan EEF Honda Mitsuba.

#1.Pemasangan Electric Fan Mitsuba pada Jimny / Katana.

1. bongkar semua selang radiator , lepaskan radiator dari dudukan nya.

https://myjimny.wordpress.com

2. Bongkar kipas mekanik menggunakan kunci pas 10, simpan 4 bautnya.

https://myjimny.wordpress.com

3.Sesuaikan posisi EEF dengan dimensi Radiator , buatkan bracket yang kuat dan tutup sisi samping yang bercelah dengan busa atau karet balon yang rapi.
https://myjimny.wordpress.com

4. Pasang kembali Radiator dan EEF ketempatnya , koneksikan kabel (+) antara relay aki dan EEF , kemudian kabel (-) antara EEF , Thermostart dan Ground ( bodi ).

https://myjimny.wordpress.com

Setelah semuanya terpasang rapi , cek apakah ada kebocoran air radiator dan nyalakan mesin Jimny anda , tunggu beberapa saat sampai mesin mencapai suhu 80 Celsius dan perhatikan apakah EEF bisa menyala dengan baik. :D

Note : semua bahan kerja diatas bisa didapatkan di Tangomotor.com

Review :

Mesin dan alternator punya 2 beban Electric Fan yang harus ditanggung , pastikan Dinamo ampere anda masi bagus pengisiannya pada 12.5 s.d 14 volt. pasang amperemeter atau voltmeter agar bisa dipantau. :)

#2.Pemasangan Electric Fan Karimun pada Jimny / Katana.

Berikut ini tahapan pemasangan EEF karimun pada Jimny dan Katana :

1. Lepaskan extrafan AC dari Evaporator Jimny anda.

https://myjimny.files.wordpress.com

2.Ambil kipas karimun baru dan buatkan bracket yang sesuai dengan dudukan Evaporator AC , sesuaikan lubang bautnya , bor bila perlu, pasang dibelakang Grill Jimny.

https://myjimny.files.wordpress.com3.

3. Koneksikan kabel power EEF Karimun pada speed kedua, (+) dari aki melalui relay 4 kaki , dan (-) melalui ground ( bodi ). Karena ada dual speed , bisa juga speed ke-2 yang lebih kencang dikombinasikan dengan thermostart air radiator dan speed ke-1 yang lebih kecil RPM-nya dikombinasikan dengan jalur Extrafan AC yang sudah ada.

https://myjimny.files.wordpress.com4. Pemasangan Selesai , minum teh botolnya serta nyalakan mesin dan AC untuk mencoba.

https://myjimny.files.wordpress.com

note : teknik ini suda dicoba brow Whytilpg pada bmw , nissan terrano, serta Katana, dan semua nya berhasil dengan memuaskan. :D

Review :
Keuntungan dari teknik kedua ini ialah ketika EEF Karimun gagal hidup krn ada kerusakan, masi ada kipas mekanik yang bekerja untuk mendinginkan radiator dan  mesin, serta angin yang dihasilkan AC Jimny anda menjadi jauh lebih dingin dari sebelumnya. beban pada alternator juga sedikit karena mesin hanya menanggung 1 unit EEF.

Saran :

Pilih yang murah dan sesuai kebutuhan , apalagi kalo isi dompetnya cekak seperti saya :D

156 thoughts on “Bikin AC Jimny dan Katana jadi dingin

  1. Kalau pake eef karimun apakah perlu ganti alternator & accu nya om ?
    Soalnya ane browsing smua ny suruh pada di ganti
    Kalau di ganti, pkai punya apa yg recomended
    Mohon pencerahan nya

    • Kalau kondisi alternator bawaan sudah tdk maksimal. Dicoba servis dulu biar maksimal. Ganti ic regulator dan resistor. Minimal ketika kipas karimun dan ac dinyalakan . Voltase aki harus 14volt pada rpm diatas 2000. Apabila harus ganti. Bisa beli alternator karimun baru atau alternator 70 ampere copotan kijang kapsul atau mitsu kuda. Kira2 abis 500rb kalau bli bekas dan sdh rekondisi sekaligus pasang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s