Deteksi Masalah pada Rem Jimny / Katana

JImnyAngkatBan

Untuk melakukan pengujian terhadap sistem hidrolis Rem ketika mesin kendaraan mati:

  1. Berikan injakan yang ringan pada pedal.
  2. Jika pedal turun dengan sendirinya padahal kaki Anda tidak memaksanya untuk turun ke bawah lagi,menunjukkan bahwa telah terjadi :
  • Kebocoran hidrolis
  • Udara yang berlebihan dalam sistem hidrolis.
  • Kerusakan pada mangkokan utama silinder master.

Injak secara keras pedal rem.

Pedal yang turun secara berlebihan menunjukkan bahwa telah terjadi:

  • Penyetelan rem yang tidak tepat
  • Kegagalan pada salah satu sistem pada sistem pengereman ganda. (Lampu peringatan akan menyala pada panel).

Elastisitas yang dirasakan ketika menginjak pedal rem menunjukkan bahwa telah terjadi :

  • Adanya udara dalam sistem.
  • Level pemberian fluida yang tidak memenuhi syarat.
  • Kualitas fluida rem yang jelek.
  • Terjepit/tertahannya sepatu rem.

Pedal rem yang terlalu cepat jatuh ke lantai dasar menunjukkan bahwa telah terjadi adanya kebocoran hidrolis yang parah.

Cara mengecek kondisi Booster Rem :

  • Putar kunci kontak pada posisi OFF (mesin mati).
  • Kocok (tekan-lepas) pedal rem secara berulang untuk mendapatkan posisi pedal rem tertinggi (kaki tetap menekan pedal rem).
  • Hidupkan mesin.
  • Pada saat mesin distarter untuk menyalakan mesin, jika booster rem dalam keadaan normal maka pedal rem akan turun dengan sendirinya (posisi kaki tetap menekan pedal rem).
  • Kemudian matikan mesin.
  • Pada saat mesin mati, maka pedal rem harus tetap posisi pada terbawah, dan pedal harus akan naik apabila anda melakukan pengocokan kembali, jika anda mengalami hal pedal rem tidak naik kembali, berarti ada masalah pada booster rem mobilnya

Tanda Tanda Master Rem mulai Bermasalah :

  • Minyak rem pada tabung master rem sering menyusut.
  • Injakan pedal rem kalau kita injak pada tekanan tetap, perlahan-lahan turun semakin dalam.
  • Injakan rem harus di injak berulang-ulang ( NGOCOK), mobil baru bisa berhenti.
  • Injakan rem sangat dalam, dan pengereman kurang pakem ( NGEMPOS ).
  • Piston rem pada kaliper rem dan piston wheel ciylinder blk sering telat balik karena tekanan master rem kecil
  • Asap knalpot berwarna putih ( bukan putih karena ring seher/seal klep ) karena kit master bocor dan minyak rem masuk ke booster dan ikut terbakar.

skema booster rem ( brake servo )

brake servo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s